SELAMAT DATANG

Apa yang anda cari mungkin ada disini, selamat membaca!

Iklan

GAME JAVA : WAR

capture1

Jenis game baik untuk PC maupun handphone memiliki kategori yang bermacam-macam. Mulai dari action, rpg, sport, puzlle dll. Kali ini saya ingin berbagi cerita pengalaman memainkan sebuah game java (game untuk handphone) berbasis “RPG” (Role Playing Game) dimana setiap game rpg memiliki aturan main bergantian. Jadi walaupun dimainkan melawan program (computer) atau musuh virtual pun terasa seperti bermain dengan lawan main sungguhan. Game java yang saya ulas kali ini bertitel “WAR” yang berarti “perang”. Game java buatan vendor Glu ini bersetting perang antar benua dan kolonialisasi. Bagaimana cara mainnya? berikut ulasannya.

Ketika anda mulai menjalankannya, akan ditampilkan gambar seperti tampilan diatas (dibawah judul) kemudian akan masuk menu game seperti tampilan berikut :

capture40  capture41 capture2

Ada 3 pilihan bahasa yaitu English, Espanyol (Spanyol) dan Portugis. Untuk kemudahan memainkannya, tentu saja lebih baik gunakan bahasa “English”. Pada tampilan selanjutnya, pilihan mengaktifkan “sound” antara ya dan tidak. Kalaupun anda memilih “Yes”, nantinya anda bisa mematikannya lewat menu “Settings. Untuk mulai bermain, pilih “Play Game” untuk bermain sendiri atau pilih “Multiplayer” untuk bermain bersama teman. Sayangnya game ini tidak mendukung kemampuan bluetooth, sehingga jika dimainkan bersama teman, maka harus bergantian. Pada artikel ini, saya mencoba bercerita cara memainkan seorang diri melawan program komputer. Berikut tampilan pilihannya :

capture3Pada settingan “Number of Opponents”, ada pilihan mulai dari 3 sampai 6 lawan. Salah satunya sudah termasuk 1 karakter yang kita pilih sebagai karakter yang kita mainkan. Berikut pilihan karakter seluruh player :

capture45

capture46

Pasukan Biru dipimpin oleh Jendral McArthur mewakili Amerika Utara, pasukan Hijau dipimpin oleh Jendral Maria Lopez mewakili Amerika Selatan, pasukan Hitam dipimpin oleh Jendral Friedrich Schneider mewakili Eropa, pasukan Kuning dipimpin oleh Jendral Abdul Aalim mewakili Timur Tengah, pasukan Merah dipimpin oleh Katerina Sokolova mewakili daratan Rusia dan terakhir pasukan Putih yang dipimpin oleh Jendral Rong Yang yang mewakili Asia. Untuk memainkan game ini, saya mencoba memilih Jendral Katerina Sokolova dengan pasukan merah-nya. Pada setiap pemilihan karakter, nantinya akan mendapatkan misi yang berbeda-beda. Kadang harus menguasai 24 wilayah, kadang harus menguasai 2 benua dan kadang cukup menghancurkan salah satu pasukan saja. Kebetulan tugas yang diemban Jendral Katerina Sokolova agak mudah, yaitu cukup meng-eliminasi pasukan “Hijau” dari permainan. Namun karena saya memilih settingan game pada level 3 bintang (yang paling sulit/level “hard”) maka jadinya tidak mudah. Bahkan kalau pasukan hijau berhasil dieliminasi oleh lawan yang lain selain pemain kita, maka target pun berubah dengan perintah menguasai 24 teritory. Tidak peduli wilayah manapun, kalau berhasil menguasai 24 wilayah, maka kemenangan akan diraih. Setelah memilih satu pemain, kita akan diberikan 2 kali kesempatan menempatkan pasukan dan masing-masing penempatan pertama tersebut hanya ada 3 personil. Disini kita harus bisa menempatkan pasukan sebaik mungkin agar tidak terjadi kegalgalan perang yang berakibat kekalahan. Kita bisa melihat “peta” wilayah untuk melihat posisi base camp pasukan kita dengan menekan tombol 0 (angka) pada keypad handphone. Jadi sebaiknya pasukan ditempatkan di lokasi yang strategis untuk menunaikan misi. Berikut beberapa screenshotnya :

capture12  capture13  capture14

capture15  capture16  capture20

Pada penempatan pasukan pertama (Campaign Preparation), kita tentukan base camp pasukan kita dengan mengarahkan kursor tepat ke base camp yang ditandai dengan bendera dengan warna sesuai pasukan kita. Ketika kursor berubah “kuning”, tinggal klik tombol tengah pada “D-Pad” (tombol arah) atau tombol angka 5. Kemudian arahkan kiri kanan untuk menentukan jumlah personil. Pilih “Place” untuk penempatan dan “Abort” untuk membatalkan. Setelah penempatan pertama, otomatis giliran main bagi lawan akan berjalan (Enemy Preparation). Dalam masalah penempatan pasukan ini, lawan pun akan berusaha menempatkan pasukan sebaik mungkin atau bereaksi tergantung dimana kita menempatkan pasukan kita. Setelah giliran kita pada penempatan kedua selesai, perang pun “dimulai”. Arahkan kursor pada salah satu base camp pasukan kita, tentunya yang memiliki stok mencukupi untuk melakukan serangan. Tekan tombol “OK” untuk memulai, maka pasukan kita pun bergerak menyerang. Pada saat kita melakukan serangan, akan ditampilkan lemparan dadu dimana jika angka dadu kita sama atau bahkan kalah besar, maka pasukan kita pun berkurang. Kita hanya bisa menang jika angka dadu milik kita lebih besar. Jika pada saat penyerangan pasukan kita tinggal 1 personil, otomatis kesempatan menyerang pun terhenti. Tetapi selama kita memiliki pasukan di salah satu base camp yang mempunyai personil lebih dari 1 dan berhadapan langsung dengan pasukan musuh, maka kita masih punya peluang melakukan serangan. Hanya saja kita harus waspada dan berhemat, sebab jika semua base camp pasukan kita hanya berisi 1 personil saja, maka musuh dengan mudah melumat kita sampai habis. Jadi, jika saat menyerang kita mengalami kekalahan dan personil tinggal 2 orang, sebaiknya mundur dulu dengan memilih tombol “Retreat”. Jika kita berhasil memperluas wilayah kekuasaan, entah mengalahkan 1 atau 2 base camp milik musuh, maka kita mendapatkan 1 kartu yang nantinya bisa ditukarkan dengan sejumlah personil jika kartu yang kita dapatkan telah komplit. Komplit disini yang dimaksudkan adalah memiliki 3 kartu dengan tanda kotak semua, segitiga semua, bundar semua atau memiliki ketiga tanda tadi. Jadi jika memiliki 2 kartu kotak dan 1 kartu segitiga, maka belum bisa ditukarkan. Jumlah penukaran pertama adalah 8 personil dan akan ditambahkan 3 personil seperti biasa seperti saat kita mulai bermain, sehingga total kita mendapatkan 11 personil tambahan. Setiap penukaran nantinya, jumlah personil yang kita dapatkan akan terus bertambah besar dan musuh pun memiliki peluang yang sama. Jika kita berhasil menguasai 1 benua, akan ditambahkan bonus beberapa personil, namun jumlah yang ditambahkan tergantung benua mana yang kita kuasai. Dalam hal ini, bonus paling besar adalah jika menguasai Asia, Timur tengah dan Rusia (wilayah Asia secara total), yaitu sebesar 7 personil. Berikut screenshot kombinasi 3 kartu tadi :

capture35

Tampilan base campa akan berbeda-beda tergantung jumlah personil yang kita tempatkan. Jika hanya 1 sampai 3 personil, maka akan ditampilkan tenda biasa. Jika jumlah personil mencapai 5 sampai 7 personil, maka base camp pun diperbarui dengan tampilan yang berbeda atau tampak lebih kokoh, berikut beberapa tampilannya :

capture18  capture34  capture37

Sayangnya tampilan diatas tidak akan sama jika resolusi game yang kita mainkan sebesar 128x160. Sedangkan tampilan diatas adalah yang ber-resolusi 240x320, mungkin sama dengan yang beresolusi 176x220. Dan berikut tampilan peta untuk membantu kemudahan kita melakukan strategi penyerangan dan penempatan pasukan :

capture30

Setiap kita berhasil menghancurkan base camp lawan, otomatis kita menempati base camp bekas lawan kita tadi dengan pilihan menempatkan jumlah pemain sesuai perintah kita. Jika base camp tersebut bersebelahan dengan base camp lawan lainnya yang memiliki jumlah personil yang besar, sebaiknya cukup tempatkan 1 personil. Sedangkan jika cuma bersebelahan dengan base camp lawan berisi 2 personil, bisa kita tempatkan 3 personil agar tidak direbut kembali oleh lawan. Jika bersebelahan dengan base camp lawan yang cuma berisi 1 personil, kita bisa memutuskan menyerang lagi atau cukup bertahan. Untuk mengakhiri giliran kita, kita bisa menekan tombol softkey kiri. Maka kita diberi kesempatan untuk menyusun kekuatan dengan memindah personil ke base camp yang lebih strategis untuk memperluas wilayah. Agar anda bisa lihat proses perangnya, saya sematkan videonya berikut ini :

Anda bisa mengunduh game ini di (situs mobile) menggunakan handphone secara langsung, tapi ma,af..saya lupa game ini ada pada halaman berapa. Karena pada saat terakhir saya kunjungi, halaman sudah di-update mencapai 215 halaman, dimana masing-masing halaman terdapat 4 sampai 5 game yang bisa di download gratis. Jika ingin download menggunakan komputer, sebaiknya gunakan browser , dimana browser ini bisa digunakan untuk membuka halaman “wml” di komputer. Akhir kata, game ini cukup seru untuk dimainkan. Jika kita pilih level “hard”, biasanya tidak selesai dalam sehari atau perlu 2 hari untuk menyelesaikan misi. Namun kadang tergantung peruntungan juga, karena adakalanya kita diberikan pasukan yang langsung terkumpul pada satu benua, sehingga otomatis kita langsung memperoleh bonus personil. Demikian celoteh kali ini, ayooo.. coba mainkan game yang satu ini!

Share this post :

0 comments: