SELAMAT DATANG

Apa yang anda cari mungkin ada disini, selamat membaca!

Iklan

MENGATASI PROBLEM WATER PUMP SHIMIZU PS-130BIT

Mungkin ini adalah masalah ringan, tetapi bisa jadi masalah yg bikin
anda agak bingung untuk mengatasinya. Jadi semoga tips ringan yang
saya dapat dari pengalaman saya bisa membantu anda yang ingin
memperbaiki water pump atau pompa air merk SHIMIZU tipe PS-130Bit.
Permasalahan kali ini adalah switch otomatis pada pompa air tersebut
bekerja tidak semestinya, dimana otomatis mati dan hidup lagi dg
frekuensi yg mungkin terlalu rapat. Kesannya seperti ada pipa yg
bocor, namun ketika saya perhatikan, tidak ada kebocoran sedikitpun.
Tetapi ketika pompa air dalam keadaan terhubung ke sumber listrik dan
semua kran telah ditutup,
switch otomatis hidup-mati-hidup-mti dg frekuensi yg sangat cepat.
Awalnya mungkin hanya 5 menit sekali, switch otomatis bekerja atau
hidup walaupun tidak ada kebocoran atau kran yg dibuka. Namun lama
kelamaan, switch otomatis bekerja hidup dan mati dalam hitungan detik,
bahkan lebih cepat dari itu.
Cara mengatasinya ternyata cukup mudah. Kalau anda mempunyai pompa air
dg tipe yg sama, anda bisa lihat pada tabung pompa yg diposisikan
landscape dimana pada umumnya tabung pompa ada pada posisi berdiri.
Pada ujung tabung di pompa air tipe ini, ada nipple atau dop buat
mengisi angin yg mirip nipple pada ban sepeda motor. Jadi kita perlu
sebuah pompa angin untuk sepeda motor. Kalau anda punya pompa angin
biasa, anda tinggal beli atau ganti ujungnya dg yang sesuai untuk
sepeda motor. Isikan sedikit angin pada tabung di pompa air tadi.
Biasanya cukup 2 sampai 3 kali pompa, maka pompa air bisa bekerja
normal kembali. Cukup mudah dan simple, tapi kalau kurang paham bisa
bikin pusing.
Karena beberapa orang menganggap kalau tabung tadi berguna untuk
cadangan air, tetapi pendapat saya adalah untuk angin. Karena pada
pompa merk National pun memiliki setelan angin.
Demikian tips ringan dari saya, semoga berguna!

103 comments:

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Terima kasih atas infonya. Saya pakai PS-128BIT. Sayang, otomatisnya sudah rusak dan sekarang tabungnya bocor :'(

Terimakasih bro... saya lagi nyari info utk jetpump simizu saya. Kok air nya kecil banget. Padahal kapasitas sedotnya utk 30 mtr...
Thanks
Bahrul

@Bahrul: untuk sedotan air yg terlalu kecil, bisa karena kebocoran pipa yg sangat kecil atau spring pada seal impeler pecah atau karbon seal yg pecah, sehingga pompa mengalami masuk angin.

Pada tabung anginnya apa klau pentil anginnya di tekan keluar air?? Soalnya pompa ane gak bisa hidup, dan ketika ane tekan tabung pentilnya keluar air dr situ..

@Al Didy: kalau ada airnya sebaiknya dikosongkan dahulu.

Kalau untuk dijadikan pompa pendorong water heater bagus gak.krn banyak info katanya pompa ini ada kendala otomatis jika dipakai utk WH, rekomendasi malah merk sanyo. tks artikel yg bermanfaat

mohon izin memperkenalkan produk sekedar informasi untuk memodifikasi pompa air biasa menjadi pompa pendorong asalkan untuk automatisnya di ganti dengan flow switch, beda dengan pressure switch yang mengunakan tekan flow switch mengunakan dorongan dari aliran air untuk info selengkapnya di http://permatatehnik-gsm.blogspot.com/

Saya baru pasang pompa air shimizu-ps-130-bit, awalnya mesinnya masih hidup, airnya juga keuarnya bagus, tapi berjalan 1jam, tiba-tiba meinnya panas dan gak mau hidup iagi

Sebenarnya saya bukan pakar, cuman saya akan coba bantu. Coba jangan hubungkan pompa ke sumber listrik dahulu dan biarkan hingga dingin, kemudian test apakah kipas masih bisa diputar mamual, entah pake obeng atau kalau memungkinkan dibuka tutup kipasnya dan pastikan tidak macet. Kalau sudah dingin, coba hubungkan ke sumber listrik tetapi pastikan ada air pancingan dan sumber air tidak ada masalah. Adakalanya ada butiran pasir atau krikil kecil yg menghambat kincir/impeler. Kalau masih tidak berputar, kemungkinan motor terbakar.

pompa punya saya persis seperti itu masalahnya gan.... merk shimitzu jg tp bukan yg seri 130bit jadi tidak ada dop buat ngisi nambah angin.... solusinya gimana ya gan?..nuwun

Maaf, baru bisa online lagi, kalau masalah pompa anda, kemungkinan pipa ada yg bocor atau setingan otomatis yg kurang pas. Tetapi pastikan dulu saluran air keluar tidak ada yg bocor pada sambungan pipanya.

pompa sy shimizu ps128....keluar airnya kecil dan tersendat2....sdh sy cek pipa tdk ada yg bocor...mohon solusinya...
trimakasih

@Rizky : kalau yakin pipa tidak ada masalah, maka ada 2 kemungkinan, coba cek klep pipa penghisap atau pastikan sumber air tidak ada masalah. Kedua, ini agak ribet dan harus hati2, bongkar pompa pada bagian impeler (kincir air), untuk mengecek apakah spring klep putus atau ring hitam (seperti magnet tampangnya) mengalami keretakan atau pecah. Check juga kerapatan impeler dengam rumah impeler, kalau kincir aus juga bisa mengurangi daya hisap/semburan air. Tapi kasus yg sering terjadu adalah pecahnya seal atau spring dibelakang impeler, bahkan ada pedagang yg mencurangi konsumen dg pompa baru tetapi seal sprinh telah pecah. Demikian jawaban saya , silahkan dicoba satu persatu. Tetapi kalau harus buka tutup kincir harus hati2 dan diingat posisinya, perlu pengalaman untuk yg satu ini. Salam

pompa shimizu saya, kalau mesin nyala awal2 air keluar deras. tapi beberapa lama mesin berubah bunyinya menjadi kasar (seperti air kosong) lalu air mati, setelah mati beberapa detik menyala lagi deras, lalu mati lagi. kira kira kenapa ya? mohon bantuannya. trima kasih

Untuk saudara @Asief: maaf jika terlambat balas, untuk permasalahan anda sepertinya ada masalah dengan ketinggian sumber air di tempat anda, jadi bisa dikatakan suplay air kewalahan. Nah, apakah sumber airnya dari lubang bor2an atau sumur terbuka, mengingat kita mengalami kemarau panjang. Coba pipa penghisap dibuat lebih panjang kebawah sedikit. Atau kalau tidak yakin, tes motor pompa untuk menghisap air dari bak air yg penuh, kalau air dari bak terhisap habis tanpa masalah, berarti pompa normal dan positif masalah dari sumber air, semoga berhasil.

Saya punya sumur gali sedalam 10 m mesin apa yg cocok untuk sumur tsb? Trims

@Ami : waduh, sebenarnya saya bukan pakar soal ini, tetapi saya hanya punya pengalaman soal bongkar pasang dan perbaikan pompa air, tentunya dg jenis pompa tertentu. Tetapi adakalanya pemilihan pompa memang harus disesuaikan dg kondisi dan kebutuhan. Untuk pertanyaan anda, coba di"google" dahulu. Setiap pompa memiliki daya hisap dari kedalaman air tertentu dan saya tidak hapal satu persatu. Pada praktek saya, seringkali memilih dari segi ekonomis. Saya rasa shimizu yg saya ceritakan diatas mungkin cukup memadai. Kalau kebutuhan air dalam jumlah besar dalam waktu singkat, bisa pilih jenis jetpump. Demikian jawaban saya, mungkin ada pihak penjual atau pakar pompa yg bisa bantu saya? mohon ikut jawab pertanyaan mas Ami, salam. Terima kasih atas kunjungannya!

Pompa saya shimizu.... Mesin air saya berbunyi dengung trus saya pancing airnya....waktu saya buka airnya kering yg d pancingan air. Saya isi air jln lg.... Tp sampai mlm bgt lg. Apa karena ketinggian air yg mau d sedot mulai kering atau ada masala pada tempat pancingan air yg kering yah. Makassih

@sansan : bisa jadi masalah sumber air-nya, tetapi coba dicheck juga klep pada ujung pipa hisapan. Caranya biasanya pipa hisap ( dari lubang sumur) dilepas terus dikocok naik turun. Setelahnya tinggal lihat, apakah air diujung pipa berkurang atau tetap stabil. Ada trik untuk masalah ini, dimana pipa hisapan menggunakan 2 klep sekaligus, tetapi ini cerita dari kakak saya. Jadi klep kedua yg diatas saya kurang tau bentuk fisiknya. Jika klep tidak masalah, besar kemungkinan sumber air kurang lancar lagi, sehingga kewalahan menyuplai.

Pompa saya shimizu p128 bit. Hidup tapi mesin tidak jalan. Setiap saya colok ke listrik gak smpe 5 detik udh Mati. Kerusakan spertinya tidak Ada soalnya tidak Ada kebocoran n terbakar. Kira" solusi Nya Apa ya mas? Mohon bantuannya.

@Beta hamu : maksudnya "hidup tp mesin tidak jalan?" gimana ya? apa motor bergetar tp kipas tidak muter? kalau benar begitu, harus dicari penyebab kemacetan. Sebab biasanya motor dilengkapi saklar thermal yg akan bekerja memutus arus ketika motor mengalami panas berlebihan. Atau motor muter tidak keluar air? kalau yakin tidak ada kebocoran, bisa jadi spring pada impeler (kincir) pecah dan menyebabkan klep longgar dan daya hisap hilang. Mohon lebih detail dan sederhana tentang pertanyaannya, langsung ke pokok kejadiannya saja, jadi biar lebih mudah menjawabnya , salam!

Mas saya pakai jet pump shimitzu
Baru bli n pasang dg tk pompa
2 hari air lancar , tiba2 besok air ga keluar..hrs di pancing, saya buka tutup drat yg di atas mesin lalu saya isi air ( 2 botol aqua besar) sdh penuh dan baru air keluar sampai penuh...
Setelah 3-4 jam di nyalakan kondisi sama hrs mancing lg
Menurut tukang pompa sumber airnya kurang jd hrs tambah kdalaman, nah terakhir setelah mncing2 trs air keluar bagus di awal, pas 10 menit keluarnya air agak berkurang dan mesin sdkit mendengung lalu keluar deras lg trs brkurang lg...begitu bolak balik..
Apa memang sumber airnya ya brkuranng ato gmn mohon pncerahannya ..mksh bnyak...

@Tusdi : kemungkinannya ada 2, sumber air kewalahan atau kebocoran pada pipa dari sumber. Jadi saran saya, pastikan dulu tidak ada kebocoran sedikitpun pada saluran pipa hisap dari sumber air. Cek klep pada ujung pipa paling bawah, jadi yg ini harus angkat keluar seluruh pipa. Atau cek jika ada rembesan air pada sambungan knie (belokan) pada pipa penghisap. Kalau sudah yakin pipa tidak ada kebocoran sedikitpun, coba saat habis dipancing, lihat pada bagian antara rumah impeler (kincir air) dan rumah motor, apakah ada tetesan air? jika tidak, berarti positif air dari sumber kewalahan. Silahkan diteliti satu persatu, semoga segera teratasi, salam

Jika pompa nya nyala terus walaupun tidak ada keran yang terbuka itu gmana yaa

@Muliawan : maaf bos, apakah pompa air anda pakai saklar otomatis? kalau tidak ada sudah pasti akan nyala terus meskipun kran tidak terbuka, bahkan sanpai motor terbakar (kalau tidak ada saklar termal). Kalau benar pakai saklar otomatis, pasti tidak bekerja dg benar, entah saklar macet atau setelan terlalu kencang. Bahkan kalau setelan terlalu kencang pun, kalau air sudah penuh tanpa ada kebocoran, saklar akan bekerja memutus arus listrik jika saklarnya tidak bermasalah. Salam

Mesin pompa saya wasser pw-120 semijet. Apa yang menyebabkan mesin menjadi panas sehingga thermal switch mematikan mesin setelah sekitar 10 menit air lancar keluar. Padahal air di sumur gali masih merendam klep air pipa bawah? Salam.

@Fenty : apakah tidak ada masalah dg kipas pendinginnya? berapa lama pompa tersebut telah dipakai? kalau thermal switch bekerja, berarti terjadi "overheat" atau panas yg berlebihan. Coba disentuh pakai tangan, apakah body motor benar-benar panas? Mohon konfirmasi lagi mengingat saya tidak hapal jenis2 pompa air yg memiliki spesifikasi yg berbeda pada masing2 merk dan tipe

Mesin pompa saya shimizu 130, mesinnya hidup tapi airnya tidak keluar. Air keluar setelah pipa penghisap/mesin pompa di goyang. Masalahnya apa gan, mohon bantuannya.

@Ibrahim : sepertinya ada kebocoran halus pada pipa penghisap, gan. Coba dicermati jika ada rembesan pada sambungan pipa. Atau seal impeler yg pecah juga bisa jadi atau klep pada ujung pipa hisap, cek satu persatu, gan...salam!

Salam mas nizam,,saya punya mesin shimizu,akhir2 ini mesin air saya sering dipancing,saya mancingnya cuma 2gayung saja,sudah penuh lagi,trus saya nyalakan lagi,saya buka kran separo saja,tidak nyampe 10 menit bunyi mesin deras lagi dan kosong lagi,,kalau masalah air kewalahan,,ditempat saya sudah mulai musim hujan...dari mana kerusakannya kira2 mas..tolong dibantu mas..maksih

@dhea : cek dulu bila ada kebocoran pada pipa hisap ( dari sumur bor ). Sedikit kebocoran bisa bikin pompa air masuk angin, salam!

Salam mas nizam, saya punya mesin pendorong air merk panasonic. Skrg lg bermasalah, tidak kuat lagi narik air dari penampungan ke dlm rumah. Kayaknya ada bocor, soalnya tiap saya nyalakan, ada air yg nyembur. Mesin air merk Marquis dlm kondisi baik. Makasih sebelumnya

@mitha : kalau memang sudah tau letak kebocorannya, ya solusinya perbaiki bagian yg bocor tadi, bro? jujur saja, saya bingung dg solusi yg anda harapkan. Kecuali setelah ganti pompa air yg lain, masalah teratasi, berarti pompa panasonic-nya yg perlu diperbaiki, salam

Salam, pompa dorong otomatis ditempat saya kok nyala-mati dalam interval singkat waktu saya membuka kran ya mas? Mohon bantuannya menjelaskan apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut, terimakasih.

@Power Angers: dugaan saya sesuai dg keterangan yg anda berikan, kemungkinan setelan pada otomatis terlalu kendor, coba kencangi sesuai kebutuhan atau hingga bekerja secara normal. Terima kasih atas kunjungannya, salam!

Pak saya pakai new shimizu dgn tulisan di tabungnya PT190BIT, baru pakai setahun,tiba2 gak nyala sekarang.ini pakai otomatis yg ditoran.saya kurang paham apa yg harus saya cek,tidak ada tanda2 kehidupan.dulu pernah begini juga,saya putar tabungnya tiba2 nyala,sekarang gak nyala.mohon bimbingannya

@Agung : maaf, saya tidak paham soal "otomatis yg ditoran", maksudnya apa ya? sebaiknya anda minta bantuan ahli listrik ditempat anda. Seorang ahli listrik akan membantu anda untuk mengetahui aliran listrik pada motor pompa air, apakah arus terhenti pada otomatis saja atau hingga menentukan motor terbakar atau tidak, salam

saya pakai shumizu PS 128 Bit, supaya bisa automatis harus ditambah komponen apa aja. Makasih

@unknown : menambah otomatis biasanya perlu pipa sambungan khusus yg memiliki ulir khusus otomatis. Sambungan ini biasanya untuk dudukan tabung angin juga. Dan tentu saja alat otomatisnya, salam!

Saya pakai mesin jet pump shimizu PS 260 BIT untuk sumur bor kedalaman 22 M dengan pipa hisap 15 M... pdahal untuk kebocoran sdh dicek dan tidak trdapat bocor...
yg mau saya tanyakan mengapa air yg kluar tidak kuat...
dan pengaruh atau tidak pipa hisap kita pakai 3/4" dan tekanan pipa 1/2" krn pada mesin memakai pipa 1,1/4" pipa hisap & 1" pipa tekanan.. tks

Slamat malam saya beli zet pump tipe pc 268 bit memakai tabung otomatis..
Bagai mana cara nya agar tabung otomatis itu ketika keran di tutup kan mati air nya nah saya nyalain lg keran nya air nya tidak nyala ?? Itu kenapa yah?

@Rusdian : apa mesin pompanya masih baru, gan? kalau mesin lama biasanya impeler ( kincir/kipas air) mengalami keausan sehingga kurang presisi dg rumah impeler, jadi disini daya hisap jadi berkurang begitu juga dg semburan. Kalau pompa baru dan tidak ada kebocoran, harusnya semburan tetep kencang. Ketidak sesuaian pipa dg anjuran pada petunjuk pemakaian lebih kepada keamanan motor pompa, dimana dikhawatirkan cepat panas dan terbakar. Keausan impeler atau kipas penyedot air disebabkan pompa pernah bekerja dalam keadaan kosong tidak ada air dalam waktu yg lumayan agak lama. Karena pada impeler biasanya ada spring atau pegas yg mendorong impeler sekaligus menjadi pegas untuk seal yg terhubung ke rumah motor. Jadi coba diteliti ulang, apakah pernah menyalakan motor pompa dalam kondisi tampa air, atau memang motor pompa sudah berumur? salam

@unknown : adakalanya otomatis tidak bisa balik atau bekerja dg sempurna alias sering nyangkut. Untuk mengetahuinya, buka tutup otomatisnya, nyalakan pompa, tutup kran sampai otomatis pompa mati sendiri dan coba buka lagi. Kalau masih tidak nyala secara otimatis, pakai lidi atau kayu kecil yg kering, yg penting anti listrik untuk mendorong bagian platina pada saklar otomatisnya. Setelan otomatis jangan terlalu kencang juga, lihat pada minus untuk mengurangi dan plus untuk menambah, selamat mencoba!

pak bos. pompa saya shimizu yang 100 watt. pada saat dinyalain,air keluar kencang lalu beberapa saat kemudian air mengecil tetapi tetap ngalir. Itu apa penyebabnya...

Info yg bermanfaat. Jadi bisa perbaiki sendiri masalah pompa air....

@unknown : kemungkinan masuk angin, gan. Cek pipa hisapnya gan, mungkin ada yg bocor halus, salam!

bos, pompa air saya pertama harus dipancing dulu baru keluar airnya deras, kemudian keesokan harinya airnya gak ngalir dan harus dipancing lagi baru keluar airnya deras, nah masalahnya ada dimananya ya bos? apakah pompanya yg rusak ya?

@DD DNA : Biasanya pada pipa hisapnya ada kebocoran yg sangat amat halus gan, umumnya tampak rembesan disekitar pipa yg bocor. Coba cek pada sambungan pipa jika ada, salam!

Gan mohon pencerahaNya mesin zimitzu tiba2 mati..nesin cepet panas..nunggu kira2 5 mnt baru bsa hdup lgi....mohon solusinya....

@Cundinkz : airnya bisa mengalir, gan? motornya di-test, gan..muternya berat apa ringan? kalau berat bisa jadi bearing pada rotor mengalami kerusakan. Kalau muter lancar, coba ganti kapasitor-nya dg yg baru, susah ngasih jawaban kalau tidak tahu kondisi motor pompanya secara detail, gan...dicoba dulu yg tadi ya, salam!

Gan mohon bantuannya mesin saya zimitzu ps130 waktu pertama beli di toko tes pipa hisapnya normal.tapi sewaktu kami pasang trus panxingannya kami isi air kok mesinnya gak ngisap ya cuman air pancingan aja yg keluar di pipa pendorong.setelah itu kami buka mesinnya tes tampa menggunakan pipa,pipa hisapnya mlah mengeluarkan angin bukannya mengisap...mohon solusinya gan ...trims

Saya pake shimizu ps130 auto, setiap menit mesinnya hidup, coba tutup kran dorong, gak masalah, berarti ada yg bocor, periksa semua kran bagus/tdk ada yg bocor, nah kalau pipa air dlm rumah di tanam di tembok tp tdk tau bocornya dmn, gmn solusinya gan?

@advit : coba dibuka penutup kipas anginnya (kipas pendingin motor). Lihat, apa muternya bener (berlawanan arah jarum jam. Kalau putaran benar, maka pada kincir pompa juga muternya benar (searah jarum jam). Pada waktu tes motornya bisa pakai air di bak yg besar. Kalau normal, harusnya menghisap. Pastikan juga tidak ada tetesan air diantara rumah impeler (kincir air) dan rumah motor. Kalau ada tetesan air, bisa dipastikan seal pecah sehingga daya hisap menghilang. Kalau seal pecah, maka harus buka rumah impeler dan ganti seal yg baru. Semoga membantu, salam

@yoestianto : masalah anda sama persis dg dirumah saya. Kalau saya pribadi ber-inisiatif ganti pipa yg baru dan ditaruh diatas (menempel tembok bagian atas). Hanya saja saya masih terkendala biaya karena butuh pipa yang panjang. Jadi kalau anda ingin buat saluran pipa baru, bisa seperti ide saya. Jangan lupa diberi kran sambungan pada pipa keluar. Jadi jika ada perlu perbaikan pompa, tinggal tutup kran dan nantinya air sisa pada pipa berguna sebagai air pancingan ketika pompa dipasang kembali, salam.

Oom saya br beli shimizu 268bit jet pump.nyala deras,normal.pake switch otomatis.tp knpa kok tiap saat pompa nyala dan mati sendiri sekian detik,jeda skitar 30menitan?

@rangga: sepertinya ada kebocoran halus pada saluran pipa buang (coba cek sambungan pipa).

Gan saya saya mau tanya kira" pompa air shimizu ps 130 bit bagus tidak buat sumur bor yg dlmnya 7 meter?lalu caranya pengoperasian pertama kali popma air baru gimana gan?terimakasih

mas nizam.saya baru beli pompa simizu ps 130 bit airnya deras tapi setelah sktr 4menit air jadi kurang padahal debit air dalam sumur masih ada sisa 1.5 pipa dan pipa tidak bocor .kedalaman sumur 15 meter saya pakai pipa 1/2 inci fengan kedalaman pipa 12 meter mohon pencerahanya

Mas nizam pompa saya shimizu ps130.saat msh awal pompa kerja normal, selang bbrapa bulan pompa cetak cetek, saya cek saluran pipa out sampai ujung g ada bocor, pipa hisap juga normal g ada rembes ato bocor...kemungkinan lainnya apa ya mas?

Mas kalo pompa air otomatis ,pakai toren apakah perlu menambahkan level switch?

@Edy: saya rasa cukup memadai gan. Tetapi lebih jelasnya, pada waktu beli, silahkan lihat tabel pada body motor pompa atau kardus pembungkus, biasanya disitu tertera kemampuan motor pompa tsb. Pemasangan paling penting sebenarnya ada pada sambungan pipanya, terutama pipa hisap. Dimana pengeleman pada sambungan harus benar dan merata (rapat) dan biarkan selama 1x24 jam agar lem kering sempurna. Pengoperasian pertama, tentu saja perlu mengisi air pancingan pada rumah impeler atau kincir air sampai penuh, jadi pipa hisap hingga rongga rumah impeler telah penuh air. Tutup baut plastik untuk pengisian air pancingan dan coba jalankan dg posisi kran terbuka. Salam!

@Yuhdi : maksudnya air kurang, apa semburan jadi loyo? setahu saya, pompa air yg ada saat ini mayoritas disarankan menggunakan pipa 1 inch (dim). Jadi saya khawatir kemampuan motor jadi kurang maksimal karena tertahan dg diameter pipa yg terlalu sempit. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada bagian lain yg bermasalah. Walaupun dalam kondisi baru, seringkali motor sudah mengalami kerusakan seal. Tetapi seal yg bocor terlihat jelas jika ada rembesan air antara rumah kincir dan motor. Ada juga pengalaman saya beli motor pompa baru, dalam 2 minggu motor terbakar. Jadi maaf jika tidak bisa memberi solusi yg pasti karena perlu melihat langsung untuk memastikan. Salam!

@Afif : jika memang tidak ada yg bocor, coba setting otomatis lebih kencang sedikit, sampai sekiranya penyakitnya sembuh. Saya sering menemui hal yg sama termasuk di rumah saya. Masalahnya, di rumah saya pipa keluar tertanam di lantai, susah memastikan, apakah memang ada kebocoran atau kurang sesuainya pipa yg digunakan. Sebagai perbandingan, dirumah saya menggunakan pipa 3/4 inch. Sepertinya hal yg satu ini masih menjadi misteri bagi saya, seakan sebuah ciri khas shimizu, walaupun seharusnya bisa diatasi. Jadi coba dulu untuk setting tekanan otomatisnya, salam!

@Edy : kalau menggunakan toren (tangki air) biasanya otomatis menggunakan pelampung yg ditaruh didalam tangki air tsb bukan lagi menggunakan otomatis yg terpasang di body pompa air, salam!

Mas Nizam. pompa saya washer yg 200watt. baru hari ini otomatisnya hidup mati terus menerus tiap 3 detik sekali. sudah dipastikan tidak ada yg bocor karna setelah lobang output dipasang stopkran yg bisa buka tutup. udah coba tips yg ditambah angin pada tabung tidak berhasil, switch otomatis sudah diganti tetap saja. klep di lubang input juga mash bagus. mohon pencerahannya kira kira problemnya dimana?

@Suryono : maaf jika belakangan jarang online, tapi mumpung online maka saya akan tetap berusaha menjawab. Sudahkan dicoba setting otomatisnya sedikit lebih kencang? Kalau sudah dan tidak berhasil, coba kosongkan seluruh bagian pompa dari air sampai benar2 kosong, kemudian kembali diisi pancingan. Kalau masih saja tidak berhasil, mungkin perlu coba lepas tabung anginnya dahulu dan lihat kondisinya, mungkin ada tambahan klep atau semacamnya dan terganjal kotoran. Salam!

permisi gan ... pompa aiir shimitzu saya, kalau di hidupin awalnya normal..dan beberapa menit mati, tak hidupin dalam beberapa menit nyala lagi... , kira kira masalahnya dimana ya? trims

@Wayan : kalau motor pompa dilengkapi saklar otomatis, maka ketika kran ditutup, saklar akan memutus arus listrik dan motor pompa pun mati. Kalau masalahnya adalah motor mati saat kran masih terbuka, kemungkinan overheat (motor panas berlebihan) sehingga saklar thermal bekerja memutus arus listrik. Overheat bisa terjadi jika ada kerusakan bearing motor dan terjadi gesekan atau putaran motor terasa berat. Jadi coba cek putaran motor dalam kondisi mati dan sentuh body motor bilamana terasa panas, salam!

Pak nanya. Shumitsu saya kok konslet terus. Padahal uda ku cek kabel listrik saya aman. Kemungkinan di sambungan kabel dalam sumitsu kebocoran tabung landscape.gimana pak apa yg di cek tabung nya . Terima kasih

Pak . Ada trouble di listrik sumistsu saya . Kla nyala di konslet listrik. Padahal uda aman listrik saya. Apa mungkin di listrik penghub.bocor dari tabung air kena panel sumitsu saya. Soalnyabaru2 ini aja begitu. Dulunya aman.terima kasih

Pak nanya. Shumitsu saya kok konslet terus. Padahal uda ku cek kabel listrik saya aman. Kemungkinan di sambungan kabel dalam sumitsu kebocoran tabung landscape.gimana pak apa yg di cek tabung nya . Terima kasih

@Mary : kalau yakin kabel listrik di stop kontak tidak ada masalah, kemungkinan besar motor sudah terbakar. Jadi harus gulung kumparan lagi. Kumparan yg terbakar sudah pasti menghasilkan "short" atau hubung singkat, terjadilah korsleting. Tetapi coba lihat pada box terminal pada motor, kali aja ada yg hubung singkat pada kabelnya.

Bang klw tabung anginnya tu fungsinya apa trus mo diisi pake angin biasa atau ??

Selamat pagi pak.....

Ada masalah sedikit dengan mesin pendorong saya PS 130BIT. Awalnya tidak ada masalah,suatu waktu mesin tsb terus menerus bunyi, setelah saya periksa ternyata penampung airnya sudah kosong, lalu saya punya menyalakan jetpum utk menampung air di penampungan. Setelah airnya sudah cukup banyak di penampungan barulah saya menyalakan mesin pendorong PS 130BIT. Awalnya berjalan dengan normal, suatu waktu ketika saya membuka kran air mesin tsb menyala tetapi justru saat saya menutup kran air mesin tsb tetap mati tapi justru menyala/hidup terus. Mohon penjelasannya pak. Terima kasih atas penjelasannya. (Burhan)

@gunawan : tabungnya memang untuk angin. Kalau yg pakai dop pengisian angin, biasanya terisi gas khusus dari pabriknya, cuman kalau habis, terpaksa diisi angin biasa. Sedangkan yg tanpa dop pengisian, cukup pastikan kosong tidak kemasukan air, pancingan air cukup masuk dari tutup ulir yg tersedia disebelahnya atau biasanya tepat diatas lubang saluran hisap pada rumah kincir air.

Mas Nizam dkk, sya punya mesin pompa Shimizu 130 BIT setiap kali kami hidupkan harus putar impeller-nya baru pompa bisa jalan. Setelah power kami cabut dan ON lagi pompa harus diputar impeller nya dst. Lagian switch otomatis tidak bekerja ketika kran buang ditutup alias pompa jalan terus. Mohon solusinya agar pompa kerja normal. Terimakasih, salam,djoko suhadi

Mas Nizam dkk, sya punya mesin pompa Shimizu 130 BIT setiap kali kami hidupkan harus putar impeller-nya baru pompa bisa jalan. Setelah power kami cabut dan ON lagi pompa harus diputar impeller nya dst. Lagian switch otomatis tidak bekerja ketika kran buang ditutup alias pompa jalan terus. Mohon solusinya agar pompa kerja normal. Terimakasih, salam,djoko suhadi

@Djoko: maaf jika terlambat jawabnya. Tetapi tetap akan saya jawab, semoga membantu. Coba mas buka tutup kipasnya dan dalam kondisi mati, putar kipasnya pakai tangan. Kalau terasa berat, ada kemungkinan bearing (klaker) rotornya telah rusak. Kalau ringan dan bisa diputar dg lancar pakai tangan, kemungkinan kapasitor AC sudah aus. Karena fungsi kapasitor untuk penguat kutub bantu yg membantu kumparan utama untuk memutar motornya. Demikian jawaban saya, silahkan dicek dan semoga cepat teratasi, salam.

mas Nizam saya baru beli mesin pompa Shimizu 130 BIT setelah dipasang otomatisnya tidak bekerja itu dikarenakan apa ya.... ??? mohon petunjuk.... terima kasih...

Terimakasih atas saran solusi perbaikan yg diberikan. Kami segera coba dengan mas Nizam beriksan.lk

Mas mau nanya sya pake shimizu 103.. Di nipple itu netes air terus.. Tp mesin betjalan normal.. Cm air netes terus.. Gmn y kira2?

Mas mau nanya sya pake shimizu 103.. Di nipple itu netes air terus.. Tp mesin betjalan normal.. Cm air netes terus.. Gmn y kira2?

@agus / unknown : kalau begitu keadaannya, berarti tabung terisi air. Kalau ingin normal tanpa tetesan, mungkin sebaiknya cabut kabel dari colokan dan buka tabungnya lalu kosongkan. Setelah kosong pasang lagi, jgn lupa musti siap "seal tape" untuk ulir ujung tabungnya, semoga membantu, salam!

pagi pak,saya pake pompa shimizu 125 bit,masalah di pompa saya,mesin tetap nyala mati selang 10 detik berulang terus meskpn tdk ada kran yg terbuka ataupun netes..kalo saya buka kran tetap bisa narik normal..saya pikir otomat nya kotor dan saya bersihkan dg cara diamplas tetapi tidak ngefek apa2..kenapa yaa pak ?

pagi pak,saya pake pompa shimizu 125 bit,masalah di pompa saya,mesin tetap nyala mati selang 10 detik berulang terus meskpn tdk ada kran yg terbuka ataupun netes..kalo saya buka kran tetap bisa narik normal..saya pikir otomat nya kotor dan saya bersihkan dg cara diamplas tetapi tidak ngefek apa2..kenapa yaa pak ?

Mas mau tanya berapa ukuran baut pentup pancingan air pada pompa shumizu model ps 13 krn saya mau ganti baut yg jatuh didalam sumur. Mksh

Pompa air saya on kan pertama hidup. Tapi gara2 ada pipa yg lepas di mati total dan saya hidupin lg gak bs.

Sya punya pompa semijetpump, sudah lama sekali tidak ada service. Akhir2 ini debit air smakin kecil, sya coba ganti impeler dan bersihin kerak di mesin, alhasil malah air tidak keluar sama sekali. Pernah saya coba si kocok2 bagian pipa sempat keluar air tapi tidak lama,kurang dari 1 menit langsung ngempos lagi. Jika kembali di kocok2 lagi keluar lg tp tidak kuat lama kurang dr 1 mnit lngsung ngempos lg.
Gmn ya cara perbaiki'y?
Thx

Gan..saya punya Shimizu PS 130..kipas bagus.. kelistrikan bagus..tapi air tidak keluar..memang pas dibuka naple tabung angin dan ditekan, sudah tidak keluar apa-apa..kura2 masalah nya apa ya ??

Shimizu sy 130 bit...kalo gk nyedot air suara nya halus tp pas nyedot air suara ny kasar apa nya ya

Salam mas nizam, saya pnya pendorong merk shimizu awalnya jga bnyi pendek2 gt wlaupun tdak dibuka krannya, kemudian saya buka tbungnya dan saya buang airnya trus bsa bkerja lg.. Tpi akhir2 ini saya sudah lakukan cara yg sama tpi pendorong saya trus tdak bsa nyala wlaupun sudah dcolok listrik. Mhon solusinya

slmt mlm mas nizam..pompa sya merk shimizu 130 bit.pas d smbung k listrik mesin jlan tapi airnya gk kluar..mslhnya dmna bang??

malam juga @charles : pastikan air pancingan sudah masuk di bagian impeler alias kipas penghisap. Biasanya perlu buka tutup plastik sebelah tabung atau di atas kipas/impeler. Isi sampai penuh, tutup lalu nyalakan. Kalau pemasangan pipa dari sumur bor agak panjang, bisa dikocok naik turun, agak cepat dg harapan air naik mengingat ujung pipa hisap seharusnya sudah terpasang klep agar air tidak kembali turun. Selamat mencoba!

@Andik : jangan2 saklar otomatisnya nyangkut, dicek ya, gan!

Mohon maaf untuk komen yg tidak sempat saya balas, mengingat keterbatasan waktu sebelumnya dan kesibukan hidup. Kalaupun saya jawab sekarang, pastinya sudah terlambat, terimakasih telah berkunjung!

selamat malam mas nizam, mau nnya air yang di pompa air kq habis yaa padahal tosen klepnya baru diganti tp ada tetesan air dari bawah pompa, jadi setiap make harus dipancing dahulu,kenapa ya mas nizam?? thank you

@unknown : maaf, saya belum pernah dengar istilah tosen klep. Tetapi jika ada tetesan air dari motor pompa, maka kemungkinan klep antara rumah impeler dan rumah motor ada yg bocor. Klep yg saya maksud adalah ada dibalik impeler, ada spring/per yg menekan ring karet, dimana ring karet bertemu dg ring keramik. Nah kalau ring seal/klep putus, biasanya bisa bocor dan masuk angin. Silahkan dibongkar dan dicek, mungkin spring putus atau pemasangan kurang sempurna. Salam dan terima kasih atas kunjungannya

Mas nizam saya mau tanya . Jika ketika keran di buka lalu mesin on off dengan waktu singkat itu knapa ya . Lalu ketika sudah di cek ternyata tabung pada mesin pompa saya seperti full . Tapi ketika saya coba tekan pentil tabungnya tidak ada air atau angin yg keluar. Dan ketika saya coba untuk isi angin,angin tidak masuk ,apa harus di isi angin menggunakan kompressor ?

Terima kasih .

Jika kran sudah dibuka, tetapi kerja on off, cek apa kran terbuka penuh? Jika pakai selang, apa ada selang yg terlipat. Kalau sudah terbuka penuh masih on off, cek settingan otomatis, sepertinya terlalu kendur. Jadi setting sambil dinyalakan, kencangi setelan otomatis sedikit demi sedikit sampai ketemu settingan yg pas. Gunakan obeng yg tidak tembus agar tidak tersengat aliran listrik. Pastikan saat kran ditutup, motor pompa berhenti. Kalau setelan otomatis terlalu kencang, bisa bahaya (motor terbakar).

Note : saya dulu ngisi angin pakai pompa sepeda (pompa tangan)

Mas,saya pake pompa sumur dangkal shimizu ps 135 e,untuk hisap dari toren tanam,apakah normal kalo sekitar 20 atau 30 menit sekali pompa bunyi tanpa ada kran yang terbuka sedikitpun

Soal pompa nyala sesekali baru saya sadari setelah pulang mudik Hari Raya yg lalu. Biasanya hal tsb dikarenakan air berkurang melalui "tosen klep" (klep pada ujung pipa hisap dari sumber). Jadi merembes sedikit demi sedikit, setelah tekanan air berkurang menyebabkan otomatis bekerja kembali dan pompa nyala sebentar hingga tekanan kembali menguat dan memutus aliran listrik di otomatis. Begitu dan begitu terus. Kakak saya bilang, pernah ada yg pasang tosen klep ganda, satu diujung bawah, satu lagi ditengah. Tapi saya sendiri belum pernah praktek hal tsb dan entah tosen klep tengah nemang ada atau modifikasi sendiri saya tidak tahu