SELAMAT DATANG

Apa yang anda cari mungkin ada disini, selamat membaca!

Iklan

TIPS MELATIH CENDET

Bukan saya sok pintar atau sok apapun, tetapi saya cuma ingin berbagi pengalaman tentang cara melatih burung cendet agar memiliki mental tanding yang bagus. Pengalaman ini saya dapatkan ketika masih menjadi buruh industri, dimana saya masih tinggal di tempat kost di wilayah Gresik yang berbatasan dengan wilayah Sidoarjo, tepatnya di dusun Larangan, Krikilan, Driyorejo – Gresik. Kala itu saya hobi melihara burung apa saja yang penting harganya terjangkau. Salah satunya adalah “cendet”. Kebetulan cendet milik saya termasuk cendet “jantan”. Bicara soal antara cendet jantan dan betina, salah satu teman saya bilang bahwa perbedaan antara keduanya adalah pada warna hitam di kepala (garis hitam pada sekitar mata). Dimana yang jantan warna hitamnya hampir tersambung sampai belakang kepala, sedang yang betina memiliki warna hitam lebih sedikit atau sebatas lubang pendengaran di kepala cendet. Cendet milik saya, saya dapatkan dari tetangga yang merupakan penduduk asli yang merasa bosan karena cendet tersebut tak kunjung berkicau atau cenderung diam. Beliau membeli cendet tersebut dengan harga Rp.125.000,- sebelumnya. Akhirnya, teman kost memberikan masukan agar membeli cendet tersebut, yang mana teman kost saya tadi bersedia membantu saya menawar harganya agar lebih murah lagi. Alhasil, cendet tersebut berpindah tangan ke saya dengan harga Rp.100.000,- + sangkarnya. Pemilik cendet bersedia memberikan cendet tersebut kepada saya karena sudah kenal dekat dengan saya. Sejak saat itulah pengalaman saya dimulai, bahkan pengalaman itulah yang saya kenang hingga saat ini. Karena saya sungguh bangga dengan hasil latihan yang saya terapkan pada cendet tadi.
Berikut tips melatih cendet agar mempunyai mental yang bagus dan tangguh dalam urusan berkicau :

1. Penjemuran : Rajin-rajinlah menjemur burung cendet di pagi hari ketika sinar matahari sudah terlihat terang dan hangat. Batas waktu penjemuran tergantung stamina. Mungkin untuk mengawali, batasi jam penjemuran pada pukul 10 pagi, paling tidak hingga cendet tersebut tampak sudah kepanasan, biasanya tampak cendet membuka paruhnya untuk mengeluarkan hawa panas pada tubuhnya. Semakin sering, biasanya cendet akan semakin terbiasa dan semakin tahan panas. Jika sudah terbiasa, biasanya cendet tahan hingga pukul 12 siang. Pastikan setelah penjemuran, cendet ditaruh di tempat teduh yang terbuka, jangan langsung menaruh di tempat tertutup untuk menghindari pengaruh perubahan suhu udara yang mendadak yang mungkin mengakibatkan ketidaknyamanan burung cendet. Penjemuran tidak hanya berguna untuk melatih stamina, tetapi juga untuk menjaga agar paruh dan kukunya tidak memanjang. Paruh cendet yang memanjang mengakibatkan cendet agak susah memilah makanan yang dimakannya dan kalau cendet tersebut galak, pastinya suka mematuk dan bisa melukai tangan jika kita hendak memberi makan atau lainnya. Kuku kaki yang terlalu panjang juga mengakibatkan cendet tidak bisa mencengkeram kayu tumpuan dengan nyaman. Bagi cendet yang terlanjur memiliki paruh yang memanjang hingga melengkung, penjemuran akan sangat efektif untuk memendekkannya lagi. Karena kelebihan paruh atau ujung paruh yang mamanjang akan lepas atau putus dengan sendirinya, termasuk kuku-kuku kakinya.

2. Memandikan cendet : Dalam memandikan cendet, kenalilah cendet anda. Pada umumnya, kebanyakan orang memandikan cendet dengan cara disemprot. Untuk cara ini, usahakan ujung semprotan disetel hingga air yang keluar agak menyebar seperti embun tetapi jangan terlalu halus, karena dikhawatirkan akan terhirup dan mungkin bisa menyebabkan pilek pada cendet. Dan jangan terlalu kasar, sehingga tidak merusak bulu cendet dan menyakiti badan cendet tersebut. Cukup diperhalus yang penting bisa membasahi bulu cendet. Adakalanya, sehabis cendet disemprot, burung tersebut seperti tidak puas atau tidak nyaman dan ingin mandi sendiri, maka pastikan mempunyai bak mandi khusus di dalam sangkar agar cendet tidak menghabiskan jatah air minumnya untuk mandi. Karena jika cendet mandi dari wadah air minumnya, mungkin bisa mengotori air tersebut atau tanpa kita sadari air tersebut habis dan akhirnya membuat cendet kesulitan untuk minum dan kehausan. Ada juga yang berusaha memandikan pakai keramba (sangkar khusus mandi). Terus terang cara ini paling sulit dilakukan, karena kemungkinan hal ini bukanlah kebiasaan cendet (secara naluri) untuk mandi di air yang luas dan penuh, misal di sungai atau danau dsb. Dan untuk melatih dengan keramba sangat susah sekali, jadi untuk cara ini tidaklah perlu dipaksakan. Cukup tergantung reaksi cendet tersebut. Sehabis dimandikan, pastikan langsung dijemur pada terik matahari. Jadi jika pada hari itu tampak mendung atau tidak ada panas, sebaiknya tidak usah dimandikan.

3. Pemberian makan : Untuk pemberian makanan agar cendet tetap fit, kita bisa memberikan makanan berupa jengkerik atau kroto segar. Bila anda punya waktu luang, mungkin bisa mencarikan belalang yang berukuran sedang (tidak perlu sesering mungkin), mengingat hal ini mungkin jadi kebiasaan cendet di alam liar. Agar makanan berupa jengkerik maupun belalang tidak menyakiti tenggorokan cendet, pastikan untuk membuang kaki dan kepala dari jengkerik atau belalang tadi. Jumlah pemberian jangan terlalu berlebihan. Sebab cendet yang terlalu rakus, akan menyebabkan cendet tersebut malas berkicau karena setiap melihat kita pasti akan meminta lagi dan lagi. Jika ingin memberikan jengkerik, mungkin bisa dijadwal seperti berikut : pagi 3 ekor jengkerik dan sore 3 ekor atau perhari cukup 5 ekor dan sebagainya, yang penting jangan berlebihan. Untuk kroto, cukup jadikan sebagai nutrisi tambahan, jadi jangan terlalu sering. Maka berilah kroto secukupnya untuk beberapa hari saja. Untuk menjaga kroto tetap segar, jangan membuang induk kroto (keranggang) karena dengan adanya induk kroto tadi, kroto (telur keranggang) akan dijaga oleh induknya tadi. Sebab, kroto yang busuk bisa menjadi racun yang mematikan bagi semua burung. Jadi cukup sisihkan induk kroto ketika kita akan memberikan kepada cendet saja. Takarannya juga tidak perlu berlebihan, kira-kira sesendok makan atau anda perkirakan sendiri.

4. Sangkar cendet : Untuk urusan sangkar sebaiknya anda tidak perlu ragu atau menunda. Pastikan selalu menggunakan atau membeli sangkar yang lumayan besar atau cukup lapang agar tidak merusak ekor dan burung merasa lebih leluasa sehingga tidak mudah stress. Karena cendet merupakan burung yang memiliki memori yang begitu kuat. Saking kuatnya ingatan burung cendet, burung ini begitu hafal hanya dengan suara-suara yang didengarnya. Contohnya suara motor, dimana pada pengalaman saya, teman saya memiliki burung cendet yang selalu ketakutan ketika berdekatan atau melihat bapak kost. Ketakutan ini disebabkan karena bapak kost sering membawa tangga yang panjang dan melewati tempat cendet tersebut digantungkan. Pada waktu jam istirahat kerja, bapak kost yang juga merupakan buruh pabrik, sering berkunjung untuk memperbaiki sesuatu, entah genting kamar kost atau bak penampung air di tempat kost. Alhasil karena seringnya, akhirnya cendet tersebut selalu ketakutan ketika melihat bapak kost tadi, bahkan hanya dengan mendengar suara motor milik bapak kost tadi, cendet tersebut langsung ketakutan dan seakan mau kabur. Lain halnya saat cendet tersebut mendengar suara motor pemilik cendet tersebut. Si cendet langsung siaga seakan siap untuk meminta jengkerik.

5. Melatih mental dan stamina : Inilah inti pembahasan pada topik ini, jadi baca dengan sebaik-baiknya, karena disinilah letak keberhasilan saya melatih cendet. Bicara stamina, pastilah burung yang terbiasa hidup di dalam sangkar memiliki stamina yang sangat jauh berbeda dengan burung yang hidup di alam liar. Dimana seandainya burung yang biasa hidup di dalam sangkar, tidak akan mampu terbang jauh atau berlama-lama terbang. Seringkali burung piaraan yang lepas, pasti akan selalu mencari air untuk minum karena kehausan yang disebabkan kelelahan saat terbang. Maka dari itu, kita perlu melatih burung agar mempunyai stamina layaknya burung yang hidup di alam liar. Hal ini terinspirasi dari cerita teman saya yang lain, dimana cendetnya pernah di lepas ke kebun belakang rumah. Si pemilik tidak takut cendet tersebut kabur menghilang karena begitu jinaknya cendet tadi. Dan pemilik cendet yakin burungnya pasti mau pulang karena sebelumnya juga pernah dilakukan dan cendet tersebut memang mau kembali pulang. Tetapi pada suatu hari, ada kejadian yang tidak diinginkan dimana pada waktu cendet tersebut sedang hinggap di cabang pohon tinggi, datanglah cendet liar dan terjadilah pertarungan. Karena kalah pengalaman terbang dan stamina, akhirnya cendet milik teman saya tadi kalah dan terbang jauh untuk kabur dan tak pernah kembali lagi. Maka kita perlu melatih stamina dengan cara membuat kandang yang luas, jika anda kesulitan mencari lahan atau tempat, mungkin bisa menjadikan kamar pribadi anda untuk melatihnya. Pada pengalaman saya, saya menjadikan kamar kost untuk melepaskan cendet tersebut agar bisa terbang bebas. Cukup pastikan tidak ada lubang ventilasi atau celah bagi burung untuk kabur. Tetapi perlu diperhatikan bahwa anda juga harus memastikan bahwa cendet milik anda tidak terlalu liar atau sudah lumayan jinak sehingga nantinya anda tidak kesulitan untuk memancing cendet kembali ke sangkarnya. Jika anda sudah memiliki tempat atau kandang luas tersebut (kadang disebut “bantaran”), maka untuk membiarkan cendet keluar dan terbang, cukup buka pintu sangkar dengan cara ditahan pakai apa saja yang penting pintu sangkar akan tetap terbuka, bisa pakai lidi sapu atau lainnya. Hal ini bertujuan agar cendet keluar dengan sendirinya dan mungkin mulai terbang menjelajah bantaran tadi. Jika di dalam kamar, mungkin sebaiknya anda menyiapkan sangkar kosong lainnya, agar bisa menjadi tempat berpindah atau hinggap setelah cendet terbang leluasa. Jika tempat bantaran merupakan kandang yang luas di luar rumah, pastikan ada tempat berteduh dan sesuatu untuk bertumpu atau hinggap dan sediakan air minum pada tempat tadi. Pada latihan terbang pertama kali, anda harus mengawasinya dahulu. Mengingat stamina yang masih belum terlatih. Biasanya cendet akan cepat kelelahan dan akhirnya terbang ngawur bahkan mungkin hinggapnya juga ngawur akibat kelelahan. Jika hal itu terjadi, kita terpaksa mengembalikan ke sangkarnya dengan cara menangkapnya karena pasti mudah tanpa perlawanan, paling-paling cuma mencengkeram dan mematuk lemah. Lakukan setiap hari sampai cendet sudah mampu terbang stabil dan kuat terbang lama-lama. Jika stamina terbangnya tampak kuat dan sudah terbiasa, bisa kita mulai melatih dengan jengkerik. Buang kaki dan kepala jengkerik kemudian lemparkan ke atas dengan harapan agar cendet langsung terbang dan menyergap atau menangkap jengkerik tadi. Jadi pastikan cendet anda tahu bahwa anda sedang berusaha memberi jengkerik. Biasanya, ketika anda membawa wadah jengkerik, cendet sudah tahu karena hafal bahwa anda hendak memberi makan. Lakukan secara rutin dengan cara melempar jengkerik tadi tetapi pastikan jarak lemparan bisa terjangkau oleh cendet. Adakalanya, anda perlu melepaskan cendet seharian atau sehari penuh. Untuk hal tersebut, sebaiknya dilakukan di dalam kamar agar cendet tidak kedinginan ketika menjelang malam. Pada pengalaman saya pribadi, cendet saya tampak begitu bahagia atau saking senangnya saat dilepaskan bebas. Hal itu tampak ketika saya bangun dari tidur di pagi hari, dimana cendet saya langsung menyambut saya dengan terbang sambil berkicau. Sungguh pengalaman yang luar biasa bagi saya melihat cendet terbang sambil berkicau. Pengalaman yang lain juga ada, yaitu begitu bencinya cendet saya terhadap orang yang memakai topi. Hal tersebut tampak ketika saya pulang kerja. Ketika saya berangkat kerja, cendet sudah saya lepaskan di dalam kamar dan saya tinggal kerja. Begitu saya pulang pakai topi dan masuk kamar, cendet saya langsung terbang menyambar topi saya berkali-kali. Kadang saya goda dengan cara seperti hendak memegang topi. Saat tangan saya mendekati topi, cendet tersebut tampak siaga seperti hendak memangsa. Dan begitu saya angkat topinya, cendet saya langsung terbang meluncur dan menyambar topi tadi. Sekali waktu, cendet saya gandeng (istilah diadu dalam masalah kicaunya) dengan burung cendet lain. Cendet saya selalu tidak mau kalah dan terus berkicau. Tetapi pada saat seperti itu, belum cukup meyakinkan saya bahwa latihan yang saya terapkan berhasil. Hasilnya justru terlihat ketika cendet saya berpindah tangan (dibeli teman) dari Malang. Padahal saya tidak ada niat untuk menjualnya, berhubung teman saya merajuk terus, akhirnya saya ikhlaskan dengan harga Rp.150.000,-. Lalu dimana letak keberhasilannya? Keberhasilan latihan yang saya terapkan adalah ketika burung tersebut dibawa pulang ke kota Malang. Mau dibawa pakai sangkar tampak ribet, apalagi perjalanan antara Gresik dan Malang lumayan jauh. Akhirnya teman saya tadi membeli kardus yang press body untuk membawa cendet tadi. Dimana dengan kardus khusus burung tersebut, burung tidak akan bisa berkutik karena saking sempitnya. Disinilah wujud keberhasilan saya, saat teman saya sampai tujuan (Malang), akhirnya cendet kembali di taruh di sangkar. Begitu sangkar digantungkan, “mantan” cendet saya langsung berkicau dari pagi hingga sore tanpa bosan. Ini membuktikan bahwa cendet tersebut sudah anti stress dan memiliki stamina yang prima. Bahkan saya mendengar kabar sebulan kemudian, bahwa cendet tersebut laku Rp.800.000,- di Pangandaran (Jawa Barat). Mungkin kalau pernah ikut kontes dan juara bisa bernilai jauh lebih mahal. Memang teman saya tadi bukanlah orang yang hobi burung, melainkan hobi makelar. Pantesan habis beli langsung dijual lagi dengan harga yang lebih mahal. Sayangnya saya tidak memiliki foto kenangan cendet tersebut, karena hasil fotonya saya simpan di micro SD card, tetapi micro SD tersebut akhirnya rusak sehingga saya kehilangan file-file fotonya.

Demikian tips dari saya, semoga bisa menjadi masukan atau inspirasi bagi anda untuk melatih cendet. Untuk tips terakhir (no.5), saya yakin hal tersebut bisa diterapkan pada burung-burung lainnya. Cukup pastikan kalau burung yang hendak dilatih dengan cara tersebut sudah jinak alias ada kemungkinan mau masuk ke sangkar tanpa perlu menangkap dengan tangan, entah dipancing pakai sesuatu atau makanan favorit burung tersebut. Selamat mencoba!

Token : VCXEYE32QDS8

78 comments:

@Nofhan : sama2. Sori klo isinya masih sedikit. Abis direhab soalnya.

kalo digandeng cuman salto2 ja kenapa ya bang?

@anonim : Burung yang salto, entah cendet maupun burung lainnya, merupakan sikap burung yang menunujukkan bahwa burung tersebut tidak mempunyai mental atau belum terlatih(kecuali "Poksay" si ahli salto). Repotnya, burung cendet memiliki memori yang sangat kuat. Jadi sebaiknya diasingkan dahulu dan dilatih lagi dalam waktu yang cukup lama. Diasingkan berarti tidak bolehsampai melihat burung lain (semua burung) sampai si cendet tampak siap kembali atau mentalnya sudah terlatih.

semoga aja blum trlatih ya bang,. jd punya sdikit harapan tuk merawat trus! hahahw.. sayang banget klo mntalx yg ciut. isianx lumayan kok greja, kenari, jalak,. ditrusin suara2 kasar,. btw tengs bang artikelnya udah mmberi inspirasi2 how to train the cendet. salam

Wah sip mas. Saya juga suka iseng melepaskan cendet dan burung lain dlm ruangan(kamar yg tdk terpakai). Senang melihatnya terbang2an trus ngoceh2 senang(Walau gak terbang sebebas dialam beneran sih..).hehe..
Minta izin ya mas artikel tipsnya saya copas ke http://poskicau.com
Link anda jg saya pasang di blog saya.
Salam kenal and Terima kasih.

mas emang sukses, saya mau tanya, cendet saya dlu gacor bgt, tp skrg kok macet dan saat lihat saya bawa burung lain sering ngejar ngejar terus, gmna solusinya??? terimakasih,,,

mas, saya mau tanya, cendet saya dulu gacor bgt, tp skrg kok macet, terus kalo lihat saya bawa burung dan sangkar laen kok ngejar ngejar teru dan nabrak2 sangkar, gmn solusinya??? trims

@Yoga: cendet yg suka beringas biasanya yg betina. Karena baik betina maupun jantan juga bisa berkicau. Tetapi kemungkinan cendet anda mengalami birahi, seperti kacer yg ingin kawin, jadi coba kurangi porsi entah jengkerik atau kroto yg sampeyan berikan.

cendetku salto trus... Mau sih berkicau,tapi lebih suka salto.
Gimana ya buat dia g salto2.
Trus saya pnya cendet yg saya rawat mulai kecil,skrg udh agak besar tpi g mau minum sendiri.gimana ya caranya ngajarin cendetku minum sendiri?

To Riski : mungkin sebaiknya diasingkan dahulu atau taruh di tiang tinggi. Rata-rata hobiis burung aduan selalu mengasingkan burung gaco-nya jika burung tersebut bermasalah. Bahkan jika berdekatan dengan sangkar lain, biasanya diberi penyekat agar burung yg satu dan yg lain tidak saling melihat.
Nggak mau minum sendiri? Setiap makhluk hidup punya naluri untuk bertahan hidup. Jadi ya biarkan saja, pasti nanti minum sendiri. Yang penting wadah airnya jangan kekecilan dan airnya harus rajin diisi dan diganti yang bersih. Jgn sampai kotor atau lumutan.

tertarik juga sehu cuma kalau mau memelihara harus sangkarnya besar yah, bagaimana kalau memelihara dari anak apakah lebih baik?

Kalau melihara anakan apakah lebih baik?

mnt msukan'y mas br0,, sy punya cendet. Kmren2 rajin bunyi, isian gereja, ayam brtelur, ank ayam, kucing, kenari dan msh ad lg yg lain. Skrg cendet sy malas bunyi, bkn brarti gk bunyi.
Trus ideal'y dlm sangkar itu kayu untuk brtengger'y perlu brp?? Coz punya sy, sy kasih 1 panjang dan 2 kecil.
Sekian saja dulu prtnyaan sy mas br0. . . Terimakasih

@Andri : memelihara cendet dari anakan akan membuat cendet lebih bermental bagus. Masalahnya harus telaten dan kelak jika dewasa harus bisa menghilangkan sifat manja si cendet.

@Achsan : cendet yg malas bunyi, kemungkinan salah perawatan, misal jatah nutrisi (kroto, jengkerik), bosan ketemu burung lain dll. Soal kayu buat bertengger, saya biasanya cukup 2, 1 panjang di tengah dan 1 lagi di belakang atau menyilang tapi cuman sejengkal atau sepotong saja.

mas sya pnya cendet yg sdah mau mkan voer,tiap pagi saya beri makan jangkrik 2,& siang aq beri 1-2 ekor,perawatan sperti itu benar apa salah mas,,?
atas msukanya mkasih..

Buat saudara Isroji : 2 ekor jengkerik kalau dirasa cukup tidak masalah, yg penting si cendet masih rajin berkicau. Kalau saya biasanya 3 ekor @ pagi dan sore. Justru kalau terlalu banyak nanti jadi rakus dan malas bunyi. Terima kasih atas kunjungannya :)

aku bingung cara membedakan cendet jantan/betina yg msh anakan mas. Gimana sih caranya ?

aku bingung cara membedakan cendet jantan/betina yg msh anakan mas. Gimana sih caranya ?

Hallo @Andi Nyster: baik anakan ataun indukan, jawaban yg bisa saya berikan sama dengan pada paragraf pertama artikel saya, dan itu saya dapat dari teman yang bisa dibilang pakarnya cendet. Terima kasih atas kunjungannya

Mas mau tnya nih...
Sy pnya 2 cendet, 1 lki n 1 ce agk nya.. hehe
Tu brung jrang bnget bunyi. Klo dpsah jauh aj bru bnyi...
Biar bunyi nya gk jarang" gmn ya mas...
Cz dy bunyi cma siang n trkadang sore..

@Aris Fajar : Anda sudah memiliki jawabannya, tetapi anda tidak menyadarinya. Note : "kalo dipisah jauh, baru bunyi.." itulah jawabannya. Semua makhluk, lama kelaman bosan dong kalau liat teman yang sama setiap hari. Jadi, usahakan tempatkan masing-masing cendet di tempat yang berbeda atau jika bderdekatan, kasih penyekat antara kedua sangkar sehingga tidak bisa saling melihat. Ini juga merupakan salah satu trik dari teman saya yang pernah punya cendet jawara.

bang mau nanya,saya punya cendet nggak bunyi tpi setiap diadu dia bunyi trus, mau saya biar dia bunyi tpi nggak da burung yg sejenis... maaf bang cz masih blajar ngrawat cendet

bang gmana caranya biar cendetnya gacor cz saya punya cendet waktu da musuhnya baru dia bunyi, tpi klo nggak da musuhnya nggak da bunyinya, mohon bimbingannya....., saya baru bmulai blajar mrawat cendet sbulan yg lalu

@suta elektro : maaf, bro kalo telat balesnya. Bagi saya, cendet saudara termasuk cendet yang siap lomba. Kalau pengen cendetnya bunyi terus, agak susah juga, mungkin perlu dilatih lebih serius untuk masalah mentalnya terutama kedekatannya dengan manusia. Katakanlah, kalau si cendet suka "pamer" maka pastinya si cendet akan berkicau bila didekati manusia atau ketika ada seseorang yang hanya lewat saja. Mungkin sebaiknya luangkan sedikit waktu anda untuk membuat cendet anda lebih dekat dg anda. misalnya lepas di kamar dan berikan jengkerik dengan cara dilempar atau sesekali cendet anda dilepas di ruangan luas yg tertutup agar bisa terbang bebas.

Permisi mas numpang tanyak....
Aq punya cendet roll speed.. Badan besar singset... Rajin bunyi padahal umur.nya masih 1thun baru mabung 1x tapi yang saya heran burung cendet q giras.nya minta ampun... Sampek dahi.nya luka... Kadang sering buka paruh. Kira2 bagaimana solusi.x byar cendet q enggak terlalu giras.. Pdahal stelan jangkrik 3 pagi 3 siang ulat hongkong 1 sendok teh + mandi pagi... Trima kasih??

Permisi mas numpang tanyak....
Aq punya cendet roll speed.. Badan besar singset... Rajin bunyi padahal umur.nya masih 1thun baru mabung 1x tapi yang saya heran burung cendet q giras.nya minta ampun... Sampek dahi.nya luka... Kadang sering buka paruh. Kira2 bagaimana solusi.x byar cendet q enggak terlalu giras.. Pdahal stelan jangkrik 3 pagi 3 siang ulat hongkong 1 sendok teh + mandi pagi... Trima kasih??

Buat @Ferly : Ada beberapa kemungkinan, salah satunya mungkin cendet anda betina. Karena cendet betina juga berkicau tetapi seringkali suka menyerang secara fisik (lebih ganas dibanding yg jantan). Kemungkinan lain, cendet anda perlu diasingkan dahulu atau kasih kerobong (kain penutup) pada sangkarnya. Biarkan beberapa lama. Kalau sudah agak tenang, coba gandeng dengan cendet lain atau ikut lomba kelas pemula (lomba kecil-kecilan) di tempat anda. Kalau tidak ada lomba semacam itu, tes dengan cendet tetangga atau teman. Latih sampai cendet anda berkicau dengan tenang. Kalau cendet anda banyak tingkah sewaktu diadu, berarti perlu dilatih lagi mentalnya.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Lok msalah cendet sih jantan mas... Aq rutin krobong koq abiz aq mandiin pagi jemur bntar trus masuk rumah krobong sampek pagi lagi... Cma siang pas kasih jangkrik aq bka.... Lok lomba mash blum brani mas soale takut kurang maksimal perform.nya... Tpi setiap minggu aq gandeng dgan cendet teman cma tetep gacor meskipun masih giras.... Malah skarg lok dah agak lama digandeng cendet,nya malah ngambek terbang ke bawah sangkar smbil nyundul2... Trus bagaimana cara mlatih mental supaya nancep pas diadu mas trimz.

@Ferly : ok Ferly, mungkin memang cendet anda masih terlalu muda, jadi cukup melatihnya dengan penuh kesabaran. Orang yang ingin pumya burung kicauan yang hebat harus telaten dan sabar. Soal mental cendet, adakalanya memang perlu umur yang cukup. Tetapi semakin dekat cendet anda dengan manusia biasanya akan semakin tenang. Tidak hanya cendet, semua burung yang benar-benar jinak selalu tenang dan punya mental yang bagus. Jadi untuk melatihnya, bisa pakai cara seperti yang saya tulis diatas, menggunakan kandang besar ( bantaran ) atau kamar yang agak luas dan tidak ada celah untuk keluar. Taruh atau gantungkan sangkar yang berisi cendet anda di bantaran, buka pintu sangkarnya dan biarkan terbang bebas di ruangan. Lebih detail, silahkan baca lagi detail tentang cara ini pada artikel saya. Baca pada point no.5. Soalnya saya pernah melepas glatik watu di kamar kost saya, hasilnya burung glatik tadi seakan merasa bebas dan ketika puas bermain, masuk sangkar dengan sendirinya dan beranjak tidur, padahal hari masih siang kala itu, Selamat mencoba!

mas maw tanya, cara ini apa g buat burung tambah manja ? trimakasih sblumnya

@Pangki Bagus : tambah manja? tentu tidak, bro. Yang bikin manja itu ngasih jangkrik pakai tangan dan berlebihan. Pakan jangkrik atau kroto yg berlebihan juga tidak bagus, ntar kegemukan jadi males bunyi, maunya makan dan makan :)

mas mw tanya.. wktu yang baik memasteri cendet itu kpan?, punya saya masih kcil blum bisa menirukan suara brung lain,bunyinya masih "toet" doang... satu lagi mas, kalo cendetnya sudah umur 1stengah thunan msih bisa mnirukan suara brung lain tdk, cz pnya saya isianya sedikit..

Buat Ajik Ilham : Untuk melatih burung dengan masteran, saat yang tepat adalah disaat burung mengalami masa "mabung" (ganti bulu) yang biasanya ditandai rontoknya bulu-bulu si burung dengan jumlah yang sangat banyak. Kalau cendet anda masih muda, anda perlu bersabar melatih dan merawat hingga dewasa. Kadang untuk mempercepat proses mabung tadi, biasanya bisa diberi pakan cicak atau semacamnya yg membuat burung mengalami proses metabolisme yg lebih cepat dan kerontokan bulu pun cepat dan segera berganti bulu yg baru.

ia mas mkasih infonya..
satu lgi mas, cendet saya di atas matanya ada benjolan,,bgaima cra mngobatinya...?

@AjikIlham : Benjolan?? Maaf jika balik nanya nih,apa cendet saudara sering dijemur? minimal kalau setiap hari ada panas sekitar pukul 7 sampai pukul12 siang. Sebab setahu saya, benjolan sering muncul jika burung kurang penjemuran. Jika memang rajin dijemur, maka benjolan bisa karena sebab lain,entah bengkak karena sering nabrak jeruji atau lainnya.

Om saya mau tanya nih saya punya pt dpt dr sarangnya langsung skrng usia udh 5 bulan udh mulai belajar bunyi. Masalahnya bunyinya setiap gg ada saya gt om lg bunyi nih saya nongol pengen liat pt saya lg bunyi eh mallah langsung ngliatin saya tu pt??? Tp uniknya setiap saya cetrekin pake tangan pt saya lang loncat2 sambil bunhi gt kaya yg lg joget gt om teru masalahnya lg stiap saya mau bersihin tempat kotorannya pt saya kaya yg ketakutan gt om sammpe nubruk2 jerujinya gt jd s jidatnya itu botaknya terus2an om??? Tipsnya dong om thx...

Maaf @Abi : baru bisa online, untuk kasus saudara, biasakan memandikan setiap hari pake sprayer selama ada panas sampai basah kuyup. Saat sudah badah kuyup, itu saat yh tepat untuk bersihkan sangkar. Tempatkan sangkar di tempat yg biasa dilalui orang ( awas maling ) agar terbiasa dekat dh manusia

kalau cendet saya itu bunyi nya belom rajin, cara agar bunyinya rajin gimana ya mas ?

Artikel yang sangat berguna sekali mas. Mau tanya nih untuk mengatasi benjolan diatas mata anakan cendet gimana ya saya gtw pasti masalahnya karena cendet tsbt saya dapat dari teman. Untuk jawabannya (mudah2an) makasih banyak mas (y)

@Ruhit : kalau soal benjolan, seringnya yg saya dengar akibat ulat hongkong. Walaupun saya sendiri masih ragu. Untuk mengatasinya, saya tidak memiliki jawaban yg pasti kecuali, rajin2lah menjemur cendet dari pagi ketika mentari telah mulai bersinar hingga agak panas, misal dari jam 7 sampai jam 9, pastikan air tidak kehabisan. Mungkin itu saja, terima kasih atas kunjungannya, salam. :-)

Salam kenal mas saya gusti,,,mau nanya nih mas,sy br beli cendet gacor,sdh lmyan tua,,,tp skrng 3 hr drmh jarang bunyi,dan klo ngeliat sy lngsng turun dan sembunyi ky malu,,bgmn caranya ngelatihnya mas? Matur nuwun

to Gusti aka anonymous : maaf terlambat balas. Menurut saya itu bukan cendetnya malu2, tetapi biasanya bentuk ancang2 ketika hendak menyerang. Jadi solusinya, buat cendet anda kenal dg pemilik baru yaitu anda sendiri. Bawa aja wadah jangkrik yg ada isi jangkriknya dan iming2 si jangkrik. Tapi jangan ngasih jangkrik langsung pakai tangan. Cukup iming2 dulu, kalau minta...buang kaki dan kepala jangkrik dan taruh di wadah pakan khusus jangkrik. Waktu masang wadah pakan, tutup wadahnya pakai telapak tangan. Jadi tangan keluar sangkar , jangkrik disantap si cendet. Sekali-kali digoda pakai tangan sambil diputarkan mp3 cendet agar keluar sifat petarungnya. Selamat mencoba!

Gan cendet manja gymn cara mengatasi nya? Selain di asingkan?

@Agil : punya kamar kosong tanpa celah? sekali-kali dilepasin dikamar tsb. Yg penting tidak kabur keluar dan pintu sangkar cukup ditahan pakai lidi agar tetap terbuka dan cendet bisa keluar masuk sendiri. Sewaktu cendet sudah keluar, kasih jangkrik yg sudah dibuang kepala dan kaki belakangnya pada wadah khusus jangkrik. Disini usahakan jangan kasih jangkrik langsung dari tangan, kecuali kalau dilempar agar disambar si cendet ( di ruang tertutup / kamar ). Kalau tidak ada kamar, terpaksa diasingkan dan waktu ngasih jangkrik tetap tidak boleh keliatan si cendet. Misal, wadah pakan diambil dulu, ngasih jangkrik diluar dan waktu pasang wadah pakan yg sudah berisi jangkrik, tutup pake telapak tangan agar tidak keliatan. Ada juga yg memukul sangkar pakai kemoceng atau sapu lidi saat cendet merengek. Tp kalau si cendet takut ketika sangkar dipukul-pukul sebaiknya jangan. Bisa juga pakai semprotan, jadi ketika merengek langsung semprot. Kalau perlu mandikan sampai basah kuyup. Kalau punya tiang seperti yg biasa untuk gantang perkutut, itu juga boleh. Jadi bisa digantang di tiang yg tinggi, tidak terlihat orang dan bisa melatih si cendey agar rajin berkicau karena berada di tempat yg tinggi, biasanya cuman terlihat pemandangan pepohonan oleh si cendet. Demikian saran saya, silahkan pilih yg sesuai kondisi di lingkungan saudara, salam!

Saya minta masukan, saya kerja 2 shif. Secara otomatis saya tidak bisa merawatnya secara konsisten, seperti pada saat saya masuk pagi saya masuk jam 6 dan saya tidak bisa memandikan dan menjemur cendet saya pada pagi hari. Apa burung tidak apa2 bila dimandikan pas sore hari setelah saya pulang kerja? Soalnya dari saya baca banyak artikel perawatan cendet harus konsisten untuk menjaga metabolisme tubuhnya. Tolong kasih kasih masukannya ya om

@Rahadian : kalau dibandingkan dg kehidupan cendet di alam liar, memang sulit merawat cendet secara semestinya. Jadi mau tidak mau, si cendet harus menyesuaikan dg rutinitas hidup pemiliknya. Saya sendiri dulu kerja non shift dan pengganti shift. Kalau demikian keadaannya, dimandikan sore mungkin tidak masalah. Ada beberapa kicaumania yg extrem dg memandikan burung sesuka mereka, bahkan malam hari dg alasan masing2. Kalau masukan, pertama saya sarankan kasih wadah air yg agak besar biar mandi sendiri (wadah pakan ayam plastik). Kedua, kalau dimandikan pakai semprotan, pastikan disertai pakan penunjang metabolisme seperti jangkrik. Dg demikian akan merangsang panas tubuh si cendet. Kadang2, seekor burung akan mandi dg sendirinya meskipun di malam hari, selama sangkarnya diterangi lampu. Penempatan sangkar dekat lampu mungkin juga membantu si burung mengeringkan bulu jika dimandikan paksa. Demikian yg bisa saya sarankan, salam!

Terima kasih banyak mas... sarannya sangat membantu insya Allah akan saya praktekkan. Nanti kalau ada kesulitan lagi bisa tanya2 lagi

Salam knal gan..
Saya punya cendet yg uda lumayan gacor..
Tp gacornya / bunyinya berhenti kalau si burung tw ada saya..tp kalau orang lain yg lwat dy tetp bunyi / ga berhnti..
Solusinya gmana ya gan?
Dan untuk melepaskan dikamar baiknya brapa lama ya??
Trima kasih...

pentet saya rajin bunyi kalo tidak ada orang, ketika sy dekati langsung diam bgmna cara ngatasi nya mas, settingan: jangkrik 5pg 5sore, kroto 2hr sekali, UH 2x seminggu, mandi 2hr sekali dan kasih jangkrik pake tangan.. ditunggu balasannya txu

@David : kalau saudara punya banyak waktu luang, coba sering2 dekat dg burungnya atau kalau tetangga punya cendet, sesekali dites diadu kicaunya. Mungkin juga sesekali digoda pakai jentikan jari. Dan saya sendiri banyak cara untuk menggoda cendet saya dulu. Mulai dari membuat bunyi pada jeruji sangkar pakai jari, jentikan bunyi jari atau memukul sangkar perlahan yg intinya menggoda si cendet agar marah atau terintimidasi. Maklum cendet saya dulu bisa dibilang tk kenal takut. Soal berapa lama melepas di kamar, intinya ini untuk melatih stamina cendet agar sering terbang. Dg demikian diharapkan punya stamina seperti cendet liar. Jadi pertama tergantung stamina cendet, kalau tampak capek dalam waktu singkat terpaksa segera dimasukkan sangkar. Saya sendiri sering melepas cendet dikamar seharian, ketika berangkat kerja sudah saya lepas. Pulang kerja sktr pkl 17:00 baru saya masukkan sangkar agar saya bisa beraktifitas keluar masuk kamar kost. Pernah juga semalam suntuk, saya tinggal tidur. Jadi tergantung aktifitas anda, salam!

@Okivan : bunyi kalau nggak ada orang, kemungkinan mental belum terlatih. Coba anggap jawaban saya untuk David juga masukan untuk saudara. Kalau settingan pakan seperti itu, kayaknya si cendet ke-enakan tuh hahaha....usahakan jgn langsung pakai tangan bro. Taruh jangkriknya di wadah khusus jangkrik, biasanya saya hilangkan kepala dan kaki belakangnya. Demikian masukan saya, salam!

Mas mau tanya dan sekaligus minta pencerahan. Cendet saya ini kan jarang mandi, tp beberapa hari ini saya coba dengan mandi malam karena menurut artikel yg saya baca mandi malam dapat meningkatkan mental cendet. Tp selama beberapa hari ini cendet saya bulunya jadi kusam dan nyerit, apa apakah itu termasuk cendet sedang masa mabung?

@Rahadian : kalau menurut saya, memandikan malam tak ada hubungannya dg mental, lebih mengarah ke fisik saja. Melatih mental harusnya membuat si cendet lebih terbiasa dg keadaan sekitar atau sering interaksi dg manusia. Karena ada cendet yg trauma dg kegiatan manusia, misal bawa tangga atau angkat sesuatu. Kalau mabung adalah proses pergantian bulu, jadi mabung tidaknya tergantung apakah si cendet mengalami kerontokan bulu dalam jumlah yg banyak? kalau mabung sebaiknya tidak usah dimandikan, atau lebih sering dikerodong dan putarkan suara masteran, salam!

salam kenal mas.apa power suara cendet itu bisa lebih keras mas.kalau bisa bgmna caranya mas.misal e extrafooding dan metodenyq.trims

@Santoso : salam kenal juga, berdasarkan pengalaman saya, power suara burung apapun tidak bisa dirubah. Jadi kalau kenceng ya kenceng, kalau pelan ya tetep pelan. Karena saya juga pernah beli cendet dari teman yg "pakarnya melihara cendet", burung cendet hasil tangkapan liar. Burungnya berhasil dijinakkan dan bulunya super mulus, ekor nyaris sepanjang murai borneo. Sayangnya volumenya pelan banget, jadi terpaksa saya jual lagi dg harga sama, yg saat itu cuma 75ribu, demikian jawaban saya, salam!

om. q pnya cendet muda hutan udah lama ngerawat,jangkrik jga ga telat tpi blm bunyi dan sering salto klo denger suara burung lain,,gimana om solusinya.mksh

@ayu : masih muda ya? mungkin masih ngriwik dan mental jelas perlu dilatih. Mending asingkan dahulu, jangan ditempatkan bersandingan dg burung lain. Sesekali kasih cicak juga boleh, untuk memberikan efek buas dikit, salam!

Mohon infonya,kenapa cendet saya kalau ketemu orang gelabakan(takut),gimana cara ngatasinya...

@Alfin : bro harus rajin melatih mentalnya, mulai dari saudara sendiri, misal bawa wadah jangkrik yg berisi jangkrik untuk iming2 si cendet agar dekat dan tidak takut dg bro sendiri. Kalau masih muda ada harapan, kalau sudah tua biasanya susah apalagi kalau trauma dg perlakuan manusia. Yg penting rajin merawat dan pendekatan agar terbiasa dg manusia. Semprot atau mandikan sampai basah kuyup, biasanya akan lebih tenang dan gantungkan sangkar di tempat yg dekat dg aktifitas manusia, salam!

Mas cendet saya baru beli sekitar 3 hari
Tp kenapa kok jarang bunyi ya padahal dipemilik awal gacor banget
Setelan pakan nya juga sama yg dulu

@Bobby: cendet adalah burung dg memory yg sangat kuat, jadi mungkin belum terbiasa dg juragan baru. Sabar saja, gan. Apalagi masih 3 hari, yg penting agan bisa luangkan waktu pdkt dg cendet 😁, selamat berjuang, salam!

Sudah dua minggu saya pelihara cendet tp ga bunyi2 ditempat sebelumnya sudah bunyi walau blm rajij,,minta tolong solusinya yaa om

@Aditya : masih 2 minggu ya, rajin jemur nggak gan? toh disini hujan mulu, jangan² disana sama. Coba dipancing pakai mp3 suara burung pakai hp, gan. Atau carikan cicak, biar ganas dikit, dicoba ya gan, salam!

Mas Nizam Saya mau tanya saya punya burung peliharaan cendet hasil tangkapan liar dan dia tidak mau berkicau dan Sepertinya dia sangat takut dengan manusia dan saya punya yang satunya itu saya beli dari toko burung dan tidak mau berkicau yang lain dia hanya berkicau Tetet cuit-cuit saja dan tidak mau berkicau yang lain atau menirukan burung lain gimana ya Mas cara mengatasinya dan supaya dan biar dia bisa nggacor kembali Terima kasih

@unknown : burung cendet tangkapan liar sangat susah jika anda bukan pakar cendet, mudah stress dan mati. Tetapi jija anda ingin belajar merawatnya, maka harus sabar dan telaten. Supaya tidak terlalu liar, sering mandikan pakai spray sampai basah kuyup dan ketika sudah basah kuyup, sangkar digantung ditempat yg dekat dengan aktifitas manusia. Pada saat tidak dimandikan, gantung sangkar agak tinggi. Untuk burung satunya, jika ingin variasi kicau, mesti tunggu sampai masa mabung datang. Yaitu ketika bulu-bulunya rontok, tutup pakai kerodong dan kasih suara masteran, misal mp3 love bird, kenari dan suara belalang tergantung selera. Pada saat tersebut, sebaiknya diasingkan, agar tidak meniru kucing atau suara ayam jika ada di sekitar rumah anda. Salam

mas nizam mau tanya nih,saya piara pentet sudah hampir 3 bln. saya beli dari bakalan hutan sekarang sudah ngevoer trs masih agak giras,gimana caranya biar cepet bunyi ya soalnya smpe sekarang bunyi toet toet juga belum,trs kenapa paruh nya juga ga full hitam masih ada putih2 dikit di pangkal paruh nya. mohon solusi nya mas. trims

@unknown : coba putar masteran atau mp3 cendet, masak tidak bunyi sama sekali? soal paruhnya ada putihnya, maaf nggak ngerti nih. Kalau hasil tangkapan liar dan sudah dewasa memang sangat susah, butuh kesabaran dan telaten, salam!

mas klo misal cendet di lepas di kamar. ntar klo keluar kandang bisa balik masuk kandang lagi gk? klo emng bisa balik ke kandang berarti sama seperti burung dara?

om mau tanya kenapa ya cendet saya saat diadu cuma toet toet gk mau ngeluarin isiannya ya

Semua burung yg sudah jinak, rata2 tau dimana sangkarnya. Jadi syaratnya harus sudah jinak, kalau tidak mau masuk sangkar, gampang saja...taruh seekor jangkrik yg sudah dibuang kaki belakang dan kepalanya di wadah pakan yg ada dalam sangkar, pasti masuk kembali, Salam!

Mas mau nanya, saya kan masih SMA tpi udh sering latber/latpres love bird. Nah, klo pagi menurut artikel diatas hrs dijemur. Lha sy kan sekolah pulang jam 2. Terus wktu penjemurannya kpn??? Trmksih

@Ahmad : semua bisa diatur, bro! kalaupun terpaksa jemur pulang sekolah pun tidak masalah. Tapi mungkin jgn terlalu lama. Atau minta tolong kerabat dirumah jika memungkinkan. Bila ada tempat yg luas dan ada biaya, bisa bikin sangkar koloni, itupun jika memungkinkan, salam!

@Faiz : cendet yg cuma toet2, apa yakin sudah punya isian kicaunya. Kalau memang benar sudah punya isian, bisa jadi cendet sampeyan masih terlalu muda atau kalah tua dibandingkan cendet lawan, salam

Kapan cendet akan mengeluarkan materinya

Kapan cendet akan mengeluarkan materinya (isian)? Setahu saya, selama si cendet sudah mendapat isian, materi isian akan keluar kapan saja si cendet berkicau. Jadi kalau waktu gantangan (gandeng lawan) yg menentukan adalah isian+mental) klo nyalinya ciut, otomatis kicau terhenti dan materi isian tidak keluar. Jadi kalau saudara ingin beli cendet jadi, pasti kelihatan materi isian apa. Cuman memang pas kalau diadu dulu agar si cendet mau bersaing dan mengeluarkan materi isian. Sedang kalau tidak diadu, mungkin perlu waktu lama nunggunya agar tahu materi isian secara full.