SELAMAT DATANG

Apa yang anda cari mungkin ada disini, selamat membaca!

Iklan

TIPS MEMILIH BURUNG KACER

Saya ingin berbagi pengalaman kepada para pembaca tentang cara memilih burung kacer yang punya mental tanding yang hebat. Ciri-ciri burung kacer yang hebat menurut pengalaman saya ada beberapa point yang harus diperhatikan dan dicermati. Bahkan mungkin, ciri-ciri yang akan saya kemukakan juga berlaku pada burung-burung tertentu. Sebelum saya jelaskan ciri-ciri tersebut, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis burung kacer yang ada di pasaran.

A. BURUNG KACER LOKAL

lokal


Sebutan "Kacer Lokal" mungkin berawal dari pulau jawa karena burung kacer jenis ini memang hidup di daratan pulau jawa terutama wilayah bagian timur. Ciri khas jenis ini adalah mempunyai warna bulu hitam pekat di sekujur tubuh dan garis putih pada sayap serta ekornya. Harga di pasaran terkenal lebih mahal karena populasi burung jenis ini mulai punah bahkan sangat sulit ditemukan lagi.
Habitat asli burung ini sebenarnya berada di wilayah pedesaan atau dekat dengan perkampungan penduduk. Karena terus diburu dan ditangkap, kini mulai jarang terlihat. Kemungkinan besar bermigrasi ke hutan yang jauh dari jangkauan manusia.

B. BURUNG KACER TASIK.

kacer Tasik 


Berdasarkan namanya, kemungkinan jenis ini berasal dari wilayah jawa bagian barat. Ciri khas jenis ini hampir sama dengan jenis lokal.Yang membedakan adalah warna totol-totol putih pada bagian di bawah ekor. Dan biasanya mempunyai nilai jual lebih murah daripada jenis lokal.

C. BURUNG KACER LAMPUNG DAN KALIMANTAN.

kacer Lampung

Sesuai dengan namanya, jenis ini memang berasal dari pulau sumatera dan kalimantan. Ciri khas antara kacer lampung dan kalimantan hampir sama, yaitu mempunyai bulu warna putih dibagian bawah mulai dari pangkal ekor hingga bagian dada. Yang membedakan antara sumatera dan kalimantan yaitu warna putih kacer lampung sebatas dada agak ke bawah sedang kacer kalimantan hingga pangkal leher. Ciri lain masih sama dengan kacer pada umumnya, dominasi warna hitam serta garis putih pada sayap dan ekor.

Ciri-ciri burung kacer yang punya mental tanding a.l :
1. Pada bagian kepala agak memanjang dengan bagian belakang membentuk sudut ( tidak bulat seperti burung merpati ). Jika anda menemui kacer yang berkepala bulat seperti merpati biasanya burung tersebut bego dan tidak bisa dijadikan "gaco".
2. Paruh yang tampak lurus atau sejajar dengan garis kepala bagian atas ( tidak "nyakil" = naik ke atas seperti buto cakil ). Jika anda menemui kacer semacam ini, dipastikan kacer tersebut berani tanding walaupun masih liar.
3. Terakhir, memiliki postur tubuh yang memanjang dan berdiri tegap.
Kriteria ciri2 kacer yg bagus pernah saya buktikan pada kacer dada putih milik tetangga yg dibeli dari Kalimantan dalam kondisi liar. Saya melihat kacer tersebut memenuhi kriteria kacer yg bagus . Maka saya sarankan untuk mencoba diadu dg kacer tasik yg sudah jadi. Hasilnya, kacer dada putih tadi langsung beraksi ketika bersanding dg kacer yg sudah jadi, padahal kondisinya masih liar dimana si kacer masih takut manusia, jadi tentu saja kami melihatnya sambil sembunyi.
Itulah ciri-ciri burung kacer yang pantas dijadikan "jago" untuk event lomba burung..

 
Demikian tips dari saya, semoga menambah wawasan bagi anda penggemar/ hobiis burung kicauan.

Update : Juara lomba kacer di pulau jawa kini didominasi oleh kacer dada putih sehingga pamor kacer yg satu ini naik dan melambungkan nilai burung tersebut. Pada saat saya tulis update ini, harga bakalan mencapai sekitar 180 ribu ( padahal dulu cuman 60 ribu ). Bisa dimakluni, karena kacer dada putih memiliki “power” pada suara kicaunya, sedangkan kacer dada hitam hanya memiliki suara yang melengking tetapi biasanya kicaunya lebih ber-ragam dari jenis lainnya.

18 comments:

Terima kasih infonya sangat bermanfaat!
izin copas ya mas..
Oya yang dimaksud Kacer Bogor tu yang mana ya mas?
apa termasuk jenis Kacer Lampung kah?

kacer bogor = kacer tasik,ciri2nya adalah totol2 pd bag. bawah dekat ekor, selebihnya persis kacer lokal

klo cara memilih power,atau karakter burung kacer nembak atau ngerol gmna.........?????[ klo kita gambling tanpa mengetahui suaranya]
thanks sebelumnya.
salam kicau mania.

@neno : wah, kalo untuk urusan power suara..susah, bro! tetapi untuk urusan nge-roll atau nembak, saya rasa masih bisa dilatih dg masteran tertentu. Usahakan pilih kacer yg posturnya panjang. Thanx n salam kicau mania!

aku pingin ternak kacer gmn caranya om...tlong penjlasanya yg detail yaa...mulai dari perjodohan, ukuran kandang,sampe awal menetas piyiknya harus d gimanakan...o ya om...ngomong2 dlm setahun kacer yn d tangkar itu dlm setahun bsa nelor dan netas brapa kali yaa...trims ..santos banyuwangi jatim

Maaf, saudara @Santos, saya bukan penangkar burung apapun. Dulu saya hanya hobiis burung, jadi cuma bisa cerita seputar ciri2 kacer yg mentalnya bagus. Mohon maaf jika tdk bisa membantu!

kyknya kebalik tuh.... di kalimantan jarang ada kacer yg dada putih setahu saya yg dada putih adalah kacer priangan dan sumatra, kacer priangan memiliki ukuran medium kl kacer sumatra ada 2 jenis ada yg bengkulu (ukurannya kesil) dan sumatra ukurannya lebih besar dan memiliki garis di sayap yg agak besar.
kl kacer dada hitam itu di sebut kacer jawa (ukurannya diatas kacer priangan sedikit) dan kalimantan ukurannya agak kecil

@anonim : kalau sampeyan memang asli penduduk kalimantan..saya setuju saja jika info anda demikian. Kacer dada putih memang diyakini dari sumatera, karena di jatim dikenal dg nama kacer Lampung. Soal dari kalimantan atau bukan, saya hanya tahu dari sopir yg pernah membawa kacer dada putih langsung dari sana. Trims.

slm knl mas,, mo tnya neh. untuk kacer tasik ky nya orng jawa timur (surabaya) nyebut kacer blorok, kira2 kacer blorok = kacer tasik y mas?. pernah tuh temen dpt kacer sperti ciri2 kacer tasik tsbt. ap cm cm kbetulan hsil penyilangan jenis2 kacer tertentu. trms.

kenapa kalau menangkap kacer harus dengan cara pancibgan??dengan pancing ikan...kan kasihan

Matur nuwun mas infonya krn rencana besok mau meminang Kacer punya temen yg katanya tangkapan langsung dr hutan di Lampung, masih muda tp dah rajin bunyi.Masteran yg bagus pake apa ya pak.(maklum msh pemula)

Matur nuwun mas atas infonya krn rencana besok saya mau meminang Kacer punya temen yg katanya tangkapan sendiri dari hutan di Lampung, umur msh muda tp dah rajin bunyi.Masterannya pake apa ya mas (maklum msh pemula).

Untuk masteran kacer lampung, mungkin bisa pakai suara kenari, pelatuk beras, atau kicau tembakan lainnya.

Barangkali ikut sedikit menambahkan saja, menurut saya karena saya orang Kalimantan, kalo di Kal Teng kebanyakan kacer yg ada di sana Kacer dada putih, kalo di Kal Sel kebanyakan kacer dada hitam dan di tempat saya sendiri di pelosok KalSel kacer dada hitam yg byk, meskipun kadang2 ada juga kacer dada putih yg kami namakan kacer bulan....

Oh ya mas,saya mo tanyak kenapa kacer lokal punya saya bunyi kalau pagi doang kira2 jam 3-4 pagi, kalau siang jarang kali bunyi paling2 cuma ngeriwik aja,gimana tip agar bisa bunyi pada waktu siang.trimakasih.

Buat @gareng: banyak kemungkinan,bro! tetapi pastikan kacer anda memiliki spesifikasi kacer yg bagus dan kalau anda punya burung kicauan lainnya, jangan sampai ditaruh berjajar tanpa sekat, atau usahakan satu burung dg yg lain tidak saling lihat.

om om .mau nanya nie .kacernya biar anteng di apain y . . Setiap ada orang liat pasti nabrak2 kandang . . .ky ktakutan gt . . Kalo bunyi sih bunyi . . .tiap hari pula . Tp kalo g ada orang tok . . Hahaha .
Ksh masukan.nya dong om . . .
Tanks

@Lutfi : Berarti masih bisa dibilang liar dong, jadi perlu dijinakkan. Caranya? kalau Lutfi punya keramba ( sangkar buat mandi), sering sering mandikan si kacer di keramba dan biarkan agak lama sampai basah kuyup, tapi pastikan di siang hari yg panasnya cukup ya. Burung yg kedinginan biasanya sudah tidak peduli dengan kehadiran manusia. Dan kalau kasih pakan jengkerik, bersihkan kaki dan kepala dan usahakan si burung matuk langsung dari tangan. Bisa juga dipancing dengan ulat hongkong. Mungkin saya akan coba buat artikel khusus "cara menjinakkan burung", tp tunggu nanti ya. Semoga sukses!