SELAMAT DATANG

Apa yang anda cari mungkin ada disini, selamat membaca!

Iklan

PENYEBAB SEKERING PUTUS PADA TELEVISI

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya sewaktu service sebuah televisi Panasonic, entah berapa inchi saya tidak begitu hafal ukurannya. Televisi Panasonic ini berlayar datar (flat) dan kemungkinan sekitar 21 inchi. Tetapi ini hanyalah sebuah pengalaman saja, mengingat saya bukanlah tukang service TV profesional. Permasalahan televisi yang saya tangani (milik teman) adalah sekering putus dan menyebabkan listrik di rumah teman saya tersebut padam atau “njeglek” (red: istilah jawa). Awalnya steker teve tersebut dicabut dan ketika dicolokkan lalu dinyalakan, listrik di rumah tersebut langsung padam. Berikut permasalahannya dan solusi yang saya temukan. Pada awal perbaikan atau mencari titik permasalahan, saya sempat bingung mengingat rangkaian televisi Panasonic ini sebagian tampak sudah menggunakan komponen mikro. Untungnya pada sektor power supply masih menggunakan komponen yang umum. Tetapi tetap bikin saya berpikir keras dan berusaha membaca jalur rangkaian sebisa mungkin. Saya sendiri sudah berusaha mencari masukan lewat browsing di internet dan hasilnya, saya menemukan sedikit gambaran solusi untuk permasalahan televisi tersebut.Tetapi ketika coba saya terapkan, ternyata ada perbedaan komponen sehingga jawaban yang saya temukan di internet tidak sesuai lagi. Alhasil, saya kembali berusaha membaca jalur rangkaian dan akhirnya ketemu juga. Penyebabnya adalah kerusakan pada “relay” untuk mengatur standby. Relay yang saya maksud adalah komponen kotak berwarna hitam berkaki tiga dimana ketika tombol power televisi dinyalakan, komponen ini akan mengeluarkan suara “tik” jika didengarkan dalam kondisi casing teve terbuka. Namun relay yang rusak tersebut tidak mengeluarkan suara sama sekali atau tidak bekerja sebagaimana mestinya, sehingga arus listrik yang seharusnya berpindah jalur tidak terpindah dan akhirnya menyebabkan arus balik yang langsung membuat sekering terbakar atau putus. Terus terang saya sampai mengorbankan satu sekering untuk mengetahui masalah sebenarnya. Permasalahan ini saya temukan ketika saya mencoba melepas relay tersebut dan coba menyalakan tivi dalam keadaan casing terbuka. Hasilnya, lampu led untuk identifikasi “standby” menyala sebentar kemudian langsung mati. Ketika coba saya pasang kembali lalu dinyalakan, listrik langsung “njeglek” alias padam. Setelah ganti yang baru, saya coba kembali dan suara “tik” memang terdengar, televisi Panasonic tersebut akhirnya menyala normal kembali. Sayangnya saya tidak memiliki gambar atau foto contoh relay tadi. Tetapi, bagi anda yang terbiasa bongkar televisi pasti tahu. Bentuknya kotak, berkaki 3 dan pada penampang dekat kaki-kakinya ada tulisan timbul dengan angka 1,2 dan 3. Kaki 2 terhubung langsung atau satu jalur dari arahkaki-kaki tombol on/off dan sekering. Kaki 1 dan 3, masing-masing terhubung ke “coil” (kumparan paling besar) dan terhubung ke kaki jembatan dioda (kiprox) dan elco besar (400 v). Perlu diingat, ini hanyalah sebuah pengalaman, bukan pedoman paten terhadap kasus sekering putus. Bahkan saya punya pengalaman lain, dimana dulu saya pernah juga melepas relay tersebut, tetapi teve bisa nyala langsung walaupun tanpa relay tadi. Demikian bahasan saya soal service televisi, mungkin bisa jadi masukan bagi teman yang ingin memperbaiki sendiri atau bagi para pemula yang ingin memulai service televisi.

Share this post :

2 comments:

mau nnya kasus ya sama seperti di atas. tv Polytron saya slalu turun listrik sikring selalu putus apa penyebab ya sama mohon penjelasannya.. Terimakasih

Ma'af ya bro, tidak banyak waktu untuk cek email dan blog ini, jadi telat responnya. Penyebab nya bisa macam² bro, mengingat televisi sekarang sudah semakin canggih, rata² sudah pakai board layaknya motherboard komputer. Jadi, mohon maaf...saya tidak bisa jawab, karena yg tahu kondisi komponennya adalah bro sendiri. Salam