SELAMAT DATANG

Apa yang anda cari mungkin ada disini, selamat membaca!

Iklan

PERBAIKAN DVD PLAYER

Baru-baru ini, saya dapat permintaan dari teman, untuk memperbaiki DVD
player merk AVANTE DVK-79MPH milik teman.
Seperti biasa, player tidak bisa membaca keping disc alias selalu NO
DISC. Dan seperti biasa, dalam perbaikan DVD player, saya selalu
melakukan prosedur saya sendiri. Mulai dari cleaning lensa optic pakai
cotton bud, ganti kabel pita pada rumah optic, sampai setting trimpot
pada rumah optic. Namun ternyata semua tidak membuahkan hasil. Ketika
saya cermati, ternyata putaran spindle DVD atau dinamo untuk memutar
keping disc tidak normal atau terlalu lambat.
Saya kira ada yang tidak beres dg dinamo tadi, karena secara normal,
seharusnya putaran dinamo sangat cepat. Tidak seperti VCD player biasa
yang putarannya lebih lambat pada ukuran normal. Maka saya putuskan
untuk menukar dinamo untuk buka tutup mesin DVD, dan terbukti keping
DVD bisa terbaca. Tetapi sebaliknya, untuk buka tutup tidak bisa
karena saya coba tukar dg dinamo pemutar DVD tadi. Berarti
kesimpulannya, dinamo asli untuk pemutar DVD sudah aus dan perlu
diganti. Berhubung tidak ada gantinya, saya bilang ke teman saya untuk
membeli dinamo atau spindle DVD persis seperti aslinya yang kata dia
seharga 7000.
Akhirnya teman saya datang membawa dinamo baru, dimana pada ujung
dinamo sudah tersedia pangkon keping disc.
Masalah berikutnya, ketika saya pasang dinamo yang baru tadi, ternyata
pangkon keping disc terlalu rendah. Sehingga lensa optic ketika awal
kerja menyentuh keping DVD. Jadi terpaksa pangkon digeser lebih tinggi
pake obeng min. Pangkon yang saya maksud adalah dudukan bundar untuk
meletakkan keping disc yg ada pada as dinamo. Setelah dirasa pas, coba
di-play lagi. Untuk memutar compact disc, mp3 maupun vcd bisa. Tetapi
ketika memutar DVD tidak bisa dan tetap No Disc.
Langkah terakhir, saya setting baut as rumah optic kiri dan kanan. As
yang saya maksud adalah jeruji untuk pergeseran rumah optic, dimana
pada masing2 baut, ada per atau spring yang bisa mengatur akurasi
jarak optic dg keping disc. Setelah disetting sampai ketemu ukuran
yang pas, saya coba lagi memutar lagi mulai dari vcd, compact disc
hingga dvd, semua lancar. Selesai deh ceritanya, semoga berguna jika
anda ingin mencoba service DVD player anda sendiri. Salam!

7 comments:

klu kepinan cd dpt mutar kencang gak mau play malah no disc apa ya kira2

Hallo saudara Su, lakukan prosedur saya dulu, kalau cuma cleaning optik tidak berhasil, cermati kabel pita, barangkali rusak entah terlipat atau lainnya. Selanjutnya coba putar salah satu trimpot sedikit saja, kira2 1 derajat, entah ke kiri atau ke kanan, kalau dirasa kurang putar sedikit lagi. Adakalanya perlu dilihat cahaya optik, biasanya setingan yang pas agak redup, terlalu terang tidak baik begitu juga sebaliknya. Maaf jika balasan terlambat, lagi sibuk, semoga berhasil.

Saya malah susah cari dinamo pemutar keping disc yang ukuran 3Volt. Di pasaran saya cari malah yang ada ukuran 5.9 Volt.

DVD saya yang rusak dinamo pemutar keping disc nya. Sudah cari cari keliling di kota saya malah gak ada yg jual untuk catudaya 3Volt, malah yang ada catudaya 5.9 Volt.
Pusing saya.....

Cara setting baut tsb gimana gan apa ada standar gitu...? atau kira-kira aja....? Thank

Terimakasih,...atas sebaiknya.

Dvd Avante saya setelah pakai flashdisk karaoke dpt satu lagu langsung macet lampu monitornya mati kira kira apa yg rusak?